Antisipasi Hewan Kurban Tak Layak Sembelih, Pemprov Perketat Pemeriksaan

24
  • 2
    Shares
Sapi Kurban, Virus Antraks
Ilustrasi. (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemprov Sulsel meminta pemkab/pemkot untuk memperketat pemeriksaan hewan ternak. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya hewan kurban yang tidak layak sembelih.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sulsel, Abdul Aziz mengatakan, telah mengeluarkan surat edaran untuk pemda setempat terkait dengan kelayakan kesehatan hewan ternak.

“Kami sudah membuat surat edaran kepada semua kabupaten/kota seperti tahun-tahun sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem,” kata Abdul Aziz, Jumat (3/8/2018).

Pemeriksaan antemortem sendiri meliputi pemeriksaan perilaku dan pemeriksaan fisik hewan ternak sebelum dipotong. Sedangkan, pemeriksaan postmortem sendiri dilakukan setelah hewan dipotong dengan memeriksa bagian-bagian tertentu.

“Kami lakukan pemeriksaan kalau ada hal-hal yang kira-kira mencurigakan,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, dalam waktu dekat ini, pemerintah juga akan memberikan pelatihan bagi juru sembelih. Dalam hal ini, Dinas DPKH bekerja sama dengan DPRD dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Antisipasi Hewan Kurban Tak Layak Sembelih, Pemprov Perketat Pemeriksaan 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga