Pelantikan Kadisdukcapil Palopo Batal, Pengurusan KK dan Akta Masih Terbengkalai

96
  • 19
    Shares
Pelantikan Kadisdukcapil
Pelantikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Palopo terpaksa dibatalkan karena alasan dokumen. (Sulselsatu/Herianto)

SULSELSATU.com, PALOPO – Layanan pengurusan Kartu Keluarga dan Akta di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palopo, masih terbengkalai.

Kantor Disdukcapil hingga hari ini hanya bisa melayani pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengaktifkan kembali server jaringan di Disdukcapil Palopo, Rabu (2/8/2018) kemarin.

Warga yang akan mengurus Kartu Keluarga dan Akta seperti Akta Kelahiran, Akta Perceraian dan Akta Kematian tidak dapat dilayani. Penyebabnya, pejabat Kadisdukcapil Palopo yang akan dilantik belum mendapatkan persetujuan dari Kemendagri.

“Untuk pelayanan KK dan Akta Catatan Sipil belum dapat terlayani, kami masih menunggu pejabat baru yang akan dilantik nantinya,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Besse Andi Picunang, Jumat (03/8/2018).

Penjabat Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis sejatinya berencana melantik penjabat baru Disdukcapil usai mendapat izin dari Kemendagri, pada Jumat siang tadi di Auditorium Saokotae. Pelantikan ini menjadi prasyarat jika Pemkot Palopo ingin seluruh jaringan layanan kependudukan dari Kemendagri kembali dibuka usai diputus beberapa waktu lalu.

Namun proses pelantikan tersebut dibatalkan karena masih terdapat kekurangan lampiran tambahan.

“Persetujuan dari Kemendagri sudah ada untuk melakukan pelantikan. Namun hingga sore ini kami belum menerima dokumen tambahan tersebut sehingga pelantikan ditunda,” kata Kabag Humas Pemkot Palopo, Eka Sukmawati.

Rencananya, pelantikan tersebut akan dilakukan sesegera mungkin. Agar pelayanan masyarakat dalam mengurus KTP, KK dan Akta Catatan sipil dapat segera berjalan dengan baik.

Penulis: Herianto
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga