Tidak Tidur Seharian, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

41
  • 2
    Shares
Kebiasaan Buruk, Usia Tua
Ilustrasi (int)

SULSELSATU.com –  Seseorang yang kurang tidur biasanya akan mengalami sejumlah gangguan fungsi tubuh serta perubahan emosi, seperti cepat marah, hilang ingatan, serta sering berhalusinasi. Tubuhmu seolah-olah menjadi komputer berprosesor Pentium III, semuanya serba lambat dan mudah nge-hang.

Sebenarnya, aktivitas tidur tidak hanya mengistirahatkan tubuh, tetapi juga mengistirahatkan otak. Bahkan menurut sejumlah pakar, lebih baik tidak makan atau minum ketimbang tidak tidur dalam waktu yang lama.

Dilansir dari storypick, berikut 15 hal yang bakal terjadi pada tubuhmu jika kamu tidak tidur selama 24 jam nonstop:

1. Kamu mulai gampang lupa sesuatu yang seharusnya kamu ingat dengan mudah

erjadi sepanjang hari. Selanjutnya ingatan tersebut akan tersimpan dalam memori jangka panjang. Jika kamu tidak tidur dalam jangka waktu yang panjang, otak secara otomatis tidak punya kesempatan untuk memutar kembali ingatan sehingga akan hilang begitu saja.

2. Wajahmu akan terlihat nggak segar serta tampak lebih tua dari usiamu sebenarnya

Tidur adalah pereda stres alami. Jika tidak cukup tidur, kadar hormon stres dalam tubuh yang disebut kortisol bakal naik. Hormon ini memecah kolagen di kulit yang membuat kulitmu nggak kenyal lagi. Dengan kata lain, kulitmu akan semakin keriput dan mengalami penuaan dini. Itu sebabnya orang yang kurang tidur memiliki kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata mereka.

3. Semakin gendut

Kurang tidur membuat tubuhmu bekerja lebih keras dan membutuhkan banyak energi. Itu kenapa tubuh akan memerlukan banyak karbohidrat agar bekerja secara normal. Alhasil, hasrat untuk terus makan dan makan akan semakin tinggi sampai kamu jadi gendut.

4. Buat cowok, kadar macho mereka bakal menurun drastis

Hormon testosteron diproduksi ketika sedang tidur. Ketika kamu nggak tidur dalam waktu lama, produksi hormon testosteron untuk hari berikutnya otomatis berkurang.

5. Tidak fokus ketika mengemudi

Kurang tidur juga menyebabkan kamu kehilangan daya fokus dan konsentrasi. Koordinasi antara gerakan tangan dan kaki juga menurun. Efeknya, aktivitas keseharian kamu akan terganggu, termasuk mengemudi kendaraan.

6. Jaringan otakmu perlahan akan rusak

Yang lebih mengejutkan lagi, hanya dengan begadang semalam suntuk, jaringan di otakmu akan rusak. Dampaknya, tingkat kecerdasanmu akan menurun tanpa kamu sadari.

7. Selera humormu bakal menurun dari biasanya dan gampang marah

Kamu bakal dianggap nggak lucu lagi oleh orang-orang di sekitarmu. Kurang tidur membuat kinerja otak yang bertugas membuat obrolanmu menjadi asyik dan humoris semakin menurun.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga