Ini Alasan Rakernas ITB Digelar di Makassar

96
Img 20180804 Wa0030

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) menggelar Rakernas pertama di luar pulau Jawa, yakni di Kota Makassar. 

Seperti diketahui, Rakernas tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Aryaduta Hotel, Sabtu (4/8/2018) pagi tadi.

Ketua Ikatan Alumni ITB, Ridwan Djamaluddin mengatakan, ada agenda agar alamuni ITB lebih banyak berperan di luar Jawa, timur Indonesia. Dengan demikian, sebuah kewajaran dengan memilih Kota Makassar yang disebut sebagai simbol pemerataan kemajuan nasional. 

“Sebenarnya kita punya program, alumni menyebar, namun ini memang perlu dorongan lebih kuat,” ujar Ridwan, saat coba ditemui terpisah oleh sulselsatu.com pasca pembukaan Rakernas. 

“Cita-citanya, misalnya kita mau kirim satu grup beranggotakan 20-30 orang itu pergi ke wilayah yang jauh, kemudian di sanalah mereka berbakti,” ujar Ridwan lagi. 

Ridwan pun mengaku, bahwa untuk saat ini pihaknya akan mencoba mengirim satu hingga dua grup ke wilayah jauh timur Indonesia agar alumni ITB dapat benar-benar berperan terhadap pemerataan kemajuan nasional. 

“Yang paling efektif bekerja sama dengan pemerintah. Misalnya di Bappeda kan, butuh pemikiran kita akani kirim satu tim. Misalnya membantu Bappeda di Papua Barat, kita tinggal di sana. Nanti kita cari honor-honornya dari para sponsor,” ujar Ridwan. 

Lalu saat ditanya terkait respon alumni ITB yang terkesan enggan meninggalkan zona nyaman di luar pulau Jawa, Ridwan mengaku alumni memberi respon positif. 

“Alumni sudah semangat. Terutama sekarang cari pekerjaan sudah tidak gampang kan,” pungkas Ridwan.

Penulis: Hermawan Mappiwali 
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga