Menlu Undang Kim Jong Un untuk Hadiiri Pembukaan Asian Games 2018

29
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi (Foto: INT)
Menlu Undang Kim Jong Un untuk Hadiiri Pembukaan Asian Games 2018 1

SULSELSATU.com, SINGAPURA – Stabilitas dan perdamaian Semenanjung Korea kembali ditekankan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat bertemu dengan Menlu Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho.

Pertemuan ini digelar di sela-sela pertemuan tingkat menlu ASEAN di Singapura, kemarin.

“Korut berterima kasih kepada Indonesia, atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” kata Menlu Retno yang dikutip dari Medcom.id, Sabtu (4/8/2018).

Di dalam pertemuan itu, Menlu RI juga menyampaikan perkembangan terkini kepada Menlu Retno, antara lain adanya reuni keluarga yang terpisah bulan ini, konsultasi militer dan juga transportasi yang sudah mulai berjalan.

“Saya juga tekankan lagi soal perdamaian. Hal ini harus terus disampaikan untuk mendorong terus langkah maju yang dilakukan Korut,” ucap dia.

Jika tidak, lanjutnya, akan sulit bagi dunia internasional untuk melaksanakan resolusi PBB terkait pencabutan sanksi atau isolasi terhadap negara tersebut.

Selain itu, Menlu Retno juga menyampaikan lagi soal undangan Presiden RI Joko Widodo agar pemimpin Korut Kim Jong-un bisa hadir di pembukaan Asian Games 2018.

“Undangan sudah diberikan Bu Puan. Saya sampaikan lagi bahwa event olahraga ini adalah event tepat untuk mempersatukan Utara dan Selatan. Mereka juga akan bergabung di tiga cabang olahraga,” ungkapnya.

Menlu Retno menambahkan, hingga saat ini, Korut masih merundingkan siapa yang akan datang ke pembukaan event olahraga se-Asia tersebut.

Editor: Febriansyah

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga