Aliyah Ajak Tukang Ojek Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

36
Aliyah Mustika

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi IX DPR RI bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi dan Maluku, menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan, kepada pekerja bukan penerima upah, di Hotel Denpasar Makassar, Sabtu (4/8/2018).

Sosialisasi ini dihadiri 200-an pekerja transportasi online dan pekerja bukan penerima upah lainnya seperti tukang ojek dan tukang bentor.

Dalam sambutannya, Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menyampaikan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sangat penting kita memiliki kartu (BPJS Ketenagakerjaan) ini, dengan begitu kita semua dapat memiliki jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian dan jaminan pensiun,” kata Aliyah Mustika.

Dengan premi Rp 16.800/bulan para pekerja bukan penerima upah sudah mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Bukan diminta-minta, tapi pekerjaan kita sebagai pabentor dan lain-lainnya sangat beresiko, jadi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada saat bekerja kita mendapatkan perlindungan tanpa harus mengeluarkan biaya lagi,” ujar Aliyah.

Sementara itu, Asisten Deputi Wilayah Bidang Pemasaran Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan, Zulkarnaen Mahadin mengatakan, pihaknya memberikan perlindungan biaya terhadap pesertanya yang mengalami kecelakaan kerja mulai dari awal hingga selesai.

“Jadi mulai dari tempatnya ia mengalami kecelakaan kerja, biaya transportasi menuju rumah sakit, biaya pengobatan dirumah sakit hingga selesai, semuanya kami yang tanggung,” kata Zulkarnaen.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan