Presiden Zanzibar Buka Peluang Kerja Sama Pengolahan Rumput Laut dengan Indonesia

30
Rumput laut. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemerinah Zanzibar, kepincut dengan cara pengolahan industri rumput laut di Tanah Air. Mereka membuka kemungkinan peluang kerja sama Pemerintah Zanzibar dengan Indonesia.

Siang tadi, Presiden Zanzibar Ali Mohammed Shein beserta rombongan berkunjung ke pabrik Swallow Indonesia. Pemerintah negara bagian kepulauan Tanzania, Afirka itu melihat bagaimana cara pengolahan rumput laut hingga menjadi agar-agar.

“Industri rumput laut banyak menyerap tenaga kerja, sangat membantu petani rumput laut dan dapat meningkatkan Gross Domestic Product (GDP) Zanzibar,” kata Menteri Perdagangan dan Industri Zanzibar yang ikut dalam delegasi Presiden Zanzibar, dalam keterangannya sebagaimana dilansir Viva, Minggu (5/8/2018).

Sementara itu, Direktur Utama PT Agar Swallow, Hendrico Soewardjono, merespons positif kunjungan Ali Mohammed beserta rombongan. Pihaknya berharap, ada tindak lanjut dari kunjungan ini.

Dia mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dan membantu pemerintah Zanzibar untuk pengembangan industri pengolahan rumput laut.

“Kami siap membantu pemerintah Zanzibar untuk mengembangkan industri rumput laut yang dapat mendukung diversifikasi produk pangan yang sehat di Zanzibar,” kata Hendrico.

Kunjungan Pemerintam Zanzibar berlangsung selama tiga jam yang diawali dengan melihat proses pengolahan rumput laut dan diakhiri dengan ramah tamah.

Selain Menteri Perdagangan dan Industri, turut serta dengan delegasi Presiden Zanzibar adalah Menteri Pertanian dan Menteri Negara dan Kepala Kantor Kepresidenan Zanzibar.

Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga