Sumarsono Kampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional

50
Img 20180805 Wa0027
Pj Gubernur Sulsel Sumarsono dan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di lauching GPN di Anjungan Pantai Losari, Minggu (5/8/2018). (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono mendukung terobosan yang dilakukan Bank Indonesia dengan meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

“Kita harus mengakui bahwa terobosan kali yang dilakukan oleh Bank Indonesia ini betul-betul sangat-sangat baik,” kata Sumarsono pada peluncurkan GPN di Anjungan Pantai Losari, Minggu (5/8/2018).

GPN sendiri adalah terobosan dalam menghapus sekat-sekat yang selama ini ada karena perbedaan peraturan dari masing-masing bank, di mana untuk mengakses kebutuhan perbankan hanya bisa di bank yang sama.

Baca juga: GPN Mulai Digunakan, Bank Syariah Mandiri Sudah Salurkan 400 Kartu di Makassar

Dengan GPN, pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau perangkat Electronic Data Capture (EDC) bank lain.

Baca juga: Penyaluran GPN Masih Fokus untuk Kartu Debit

“Kalau bukan hari Minggu, hari ini juga saya akan merubah kartu debit saya ke GPN,” ujarnya.

Baca juga: BI Launching dan Kampanye GPN di Anjungan Pantai Losari

Sumarsono menilai, sisi ke-Indonesiaan pada kartu ini sangat terasa. Hal itu dilihat dari logo GPN yang dihadirkan melalui burung Garuda berwarna merah dan tulisan kata GPN berwarna putih.

“Ini menjadi identitas nasional, sebagai bagian upaya kita membangun nasionalisme Indonesia, memperkuat, memperkokoh pola kebangsaan kita,” sebutnya.

Keunggulan dari kartu ini adalah lebih menyederhanakan kepemilikan kartu karena hanya satu yang mencakup bank-bank yang ada di Bank Indonesia yang diintegrasikan.

Dia berharap, walaupun saat ini masih berlaku domestik, dalam pengembanganya akan dapat digunakan secara internasional. Dari sisi kemanan juga BI sudah menjamin keamanannya.

Dalam acara tersebut turut hadir Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Amir Uskara, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Ketua DPRD Sulsel M Roem, dan jajaran kepala OPD lingkup Pemprov Sulsel. Serta BI jajaran perbankan dibawah naungan BI sebanyak 58 perbankan.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga