Ini Pembelaan SRI terhadap Tudingan Lawan Politik Jokowi

44
Img 20180805 Wa0029
Ketua Umum Relawan Jokowi Sahabat Rakyat Indonesia (SRI), Sukriansyah S Latief. (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum Relawan Jokowi Sahabat Rakyat Indonesia (SRI), Sukriansyah S Latief angkat bicara terkait banyaknya penyesatan informasi yang mengatakan terkait pernyataan Jokowi di SICC Sentul Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018) kemarin.

Baca juga: Sahabat Rakyat Indonesia Akan Gelar Jalan Sehat Bersama Jokowi di Makassar

Sukriansyah mengatakan, apa yang dikatakan Presiden Jokowi harus dimaknai utuh dan tidak dipenggal serta diplintir dengan tujuan melakukan provokasi dan penyesatan informasi ke publik.

Baca juga: Danny Sebut 400 Ribu Peserta Akan Ramaikan Jalan Sehat Bareng Jokowi

“Kalau dicermati secara lengkap, justru pilihan kata atau diksi dari Presiden Jokowi mengajak para relawannya untuk menghindari violence. Semangatnya justru anti kekerasan. Namun juga menyemangati relawannya untuk tidak jadi penakut. Jadi bukan mengajak berantem,” kata Uki, melalui keterangan tertulisnya kepada Sulselsatu.com, Minggu (5/8/2018).

Baca juga: Amran Panaskan Mesin Jokowi di Makassar, “Lautan” Manusia di Jalan Santai SRI

Uki menyebut, di pertemuan relawan yang tertutup tersebut, dengan jelas Presiden Jokowi menyatakan jangan bangun permusuhan, jangan membangun ujaran kebencian, jangan membangun fitnah-fitnah, tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang. Tapi, kalau diajak berantem juga berani.

Baca juga: Ini Agenda Sahabat Rakyat Usai Sukses Gelar Jalan Santai Bareng Jokowi

“Ini menjelaskan Pak Jokowi mengajak relawannya untuk tidak tinggal diam menghadapi serangan fitnah dan hoaks yang semakin gencar dilakukan di medsos. Fitnah, hoaks dan fake news (berita menyesatkan) harus kita lawan,” ujarnya.

Baca juga: Totalitas Pemkot Makassar sebagai Tuan Rumah Jalan Sehat Bareng Jokowi

Semangat anti kekerasan, persaudaraan dan toleransi, kata Uki, merupakan bagian yang sangat melekat dari pribadi Presiden Jokowi dan semangat tersebut beberapa kali dilontarkannya di berbagai pertemuan.

Baca juga: Jalan Sehat Sukses Digelar di Makassar, Ini Pesan Khusus Jokowi untuk Danny

“Semangat anti kekerasan, persaudaraan, persatuan dan toleransi ini juga diucapkan Pak Jokowi sewaktu menghadiri Jalan Sehat SRI di Makasssar hari Minggu lalu. Artinya, Pak Jokowi tidaklah mungkin mengajak pada kekerasan dan dari seluruh diksi maupun gesture yang pernah ditunjukkan Pak Jokowi, sangatlah jauh dari idiom-idiom kekerasan,” ungkapnya.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Terpopuler