Sumarsono Anggap Pilpres di Sulsel Tidak Sensitif

38
sumarsono
Pj Gubernur Sulsel Sumarsono. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono menyebut, suasana jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Sulsel masih aman.

“Kalau pilpres dengan situasi Pilkada seperti ini saya yakin Sulsel akan berlangsung aman, nyaman, damai,” kata Sumarsono, Minggu (5/8/2018).

Menurutnya, ada dua faktor penting yang mendukung pelaksanaan Pilpres. Pertama, sisi emosional antara pemilih dan yang dipilih dan kedua, pilpres menggunakan APBN.

“Pilkada antara pemilih dengan yang dipilih, bupati misalnya, itukah dekat, tiap hari ketemu. Secara emosional ada hubungan keluarga. Kalau Pilpres kan jauh yang dipilih,” katanya.

Dia mengatakan, hubungan emosional yang cukup jauh ini membuat Pilpres jadi tidak begitu sensitif, utamanya pada isu SARA. Sementara untuk posisi Pilpres yang menggunakan APBN, membuat orang yang ada di daerah merasa kalau Pilpres adalah gawai nasional.

“Kita hanya ikut berpartisipasi. Kepentingan kita tidak banyak. Yang punya kepentingan adalah elit-elit nasional sehingga akibatnya lebih terkontrol dengan baik,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Terpopuler