Jangan Panik! Ini yang Anda Harus Lakukan Jika Terjadi Gempa

35
  • 1
    Share
Imam
Imam masjid tetap pimpin Salat meski gempa Mengguncang (int)

SULSELSATU.com – Alam dan musibah tidak bisa dipisahkan, tsunami , gunung meletus dan gempa bumi merupakan bencana alam yang paling ditakuti oleh manusia, keindahan alam bisa saja hancur seketika bila terjadi ke 3 bencana alam tersebut bahkan bukan hanya alam saja seisi rumah atau hotel bisa dipora-porandakan akibat gempa bumi, terutama gempa bumi yang sering dirasakan oleh masyarakat dunia, pekan ini Indonesia sangat disorot media lokal ataupun asing, akibat gempa yang mengguncang Lombok dan sampai terasa ke Bali, dimana ke 2 tempat tersebut merupakan destinasi wisata terfavorit bagi wisatawan asing ataupun lokal.

Di saat genting seperti inilah kamu dituntut untuk berpikir cepat dan tidak panik. Namun , kebanyakan orang justru panik dan melakukan hal-hal yang mendatangkan risiko bagi keselamatan diri. Memang tidak begitu mudah mengendalikan diri disaat posisi kita sedang panik, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan bila berada di hotel ataupun rumah. Berikut ini beberapa saran yang diberikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dilansir dsri Viva.co.id

1. Guncangan akan terasa beberapa saat. selama jangka waktu itu, upayakan keselamatan diri Anda dengan cara berlindung di bawah meja untuk menghindari dari benda-benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca. Lindungi kepala dengan bantal atau helm atau berdirilah di bawah pintu. Bila sudah terasa aman, segera lari ke luar rumah.

2. Jika sedang memasak, segera matikan kompor serta mencabut dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran.

3. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan pecahan kaca, genteng atau material lainnya. Tetap lindungi kepala dan segera menuju ke lapangan terbuka. Jangan berdiri di dekat tiang, pohon atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.

4. Jangan gunakan lift apabila sudah terasa guncangan. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi ke luar bangunan. Apabila sudah di dalam elevator, tekan semua tombol atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan.

5. Ikuti instruksi dari petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi lainnya seperti radio atau gawai.

6. Apabila mendengar peringatan dini tsunami, segera lakukan evakuasi menuju ke tempat tinggi seperti bukit dan bangunan tinggi.

Meski gempa telah usai, Anda pun tetap harus waspada terhadap gempa bumi susulan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Ketika berada di dalam bangunan, evakuasi diri Anda setelah gempa bumi berhenti. Perhatikan reruntuhan maupun benda-benda yang membahayakan pada saat evakuasi.

2. Jika berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat. Selain itu periksa keberadaan api dan potensi terjadinya bencana kebakaran.

3. Berdirilah di tempat terbuka jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air. Apabila berada di luar bangunan dengan tebing di sekeliling, hindari daerah yang rawan longsor.

4. Jika di dalam mobil, berhentilah. Tetapi terap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu-rambu lalu lintas.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga