Ini Alasan Perbankan dan Fintech Harus Bekerja Sama

25
  • 2
    Shares
Bank Mandiri

SULSELSATU.com, JAKARTA – Kehadiran industri keuangan berbasis teknologi atau financial technology (Fintech) dinilai bisa menjadi pelengkap posisi perbankan. Namun, kehadiran Fintech butuh kolaborasi dari perbankan agar bisa terus tumbuh.

Revolusi ekonomi digital dan ekosistemnya termasuk FinTech sedang berlangsung di seluruh dunia sebagai salah satu fondasi dalam memasuki era industri 4.0 yang bercirikan transaksi langsung atau peer to peer.

Direktur Kebijakan Publik Asosiasi FinTech Indonesia, Ajisatria Suleiman menilai, kolaborasi antara Fintech dan perbankan perlu dilakukan. Sebab Fintech sendiri merupakan industri yang relatif masih baru.

“Kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk perbankan amat dibutuhkan agar FinTech dapat terus tumbuh,” kata Ajisatria dalam acara edukasi training Fintech di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Kolaborasi tersebut dapat meningkatkan kualitas inklusi keuangan dan stabilitas perekonomian. Dia menjelaskan, perbankan dan Fintech memiliki kelebihan masing-masing.

Posisi perbankan yang memiliki basis data nasabah serta ragam produk keuangan yang luas. Di sisi lain, Fintech dapat menjadi kanal yang mempermudah nasabah dalam mengakses produk-produk keuangan.

“Kedua keunggulan ini dapat menjadi landasan bagi perusahaan baik konvensional dan rintisan untuk mengembangkan pelayanan terhadap konsumen,” ujar dia dikutip dari liputan6.

Editor: Agung Hidayat