GPN Resmi Diberlakukan, Danny Minta Bawahannya Ganti ATM

30
Img 20180805 075024

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto meminta seluruh pegawai lingkup Pemerintah Kota Makassar mengganti alat pembayaran.

Hal ini dilakukan lantaran pemerintah pusat telah menerapkan sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang mengharuskan seluruh alat pembayaran aparat pemerintahan berlogo GPN.

“Kita semua tentu menyadari, bahwa setiap aktivitas ekonomi kita sehari-hari tidak terlepas dari transaksi menggunakan alat pembayaran, baik tunai maupun non tunai. Jadi hari ini 18 ribu pegawai di Pemkot Makassar termasuk 10 ribu tenaga kontrak dan perawat akan melakukan pergantian ATMnya,” kata Danny, Senin (6/08/2018).

Seperti diketahui, untuk mendorong sharing infrastruktur, sehingga utilisasi terminal ATM/EDC dapat meningkat dan yang berlebih dapat direlokasi ke daerah yang kekurangan, pemerintah pusat mengeluarkan sistem pembayaran GPN.

Tak hanya itu, GPN juga dapat mengurangi kompleksitas koneksi dari sebelumnya bilateral antar pihak, menjadi ter-sentralisasi kepada GPN.

Masyarakat dapat bertransaksi dari bank manapun, dengan menggunakan instrumen dan kanal pembayaran apapun. Efisiensi nasional akan tercipta dari skema harga yang lebih kompetitif.

Melalui GPN, akan terdapat penurunan Merchant Discount Rate (MDR) dari semula 1,6-2,6% menjadi 0-1%, yang akan menghemat biaya mencapai Rp17 miliar per hari.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan