Tim Terpadu Gelar Pemeriksaan Perdana Hewan Kurban Hari Ini

33
  • 1
    Share
Img 20180806 114739
Tim Terpadu Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar melakukan pemeriksaan perdana hewan kurban, Senin (6/8/2018). (Sulselsatu/Mawar A. Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Terpadu Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban mulai hari ini, Senin (6/8/2018).

Lokasi pertama pemeriksaan oleh tim adalah lapangan pemotongan hewan samping masjid Al Markaz Al Islami, Jalan Masjid Raya, Makassar.

Kasi Kesehatan Masyarakat Fetriner (Kesmafet) DP2 Makassar, Bagoes mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan hewan kurban yang bermasalah yang dijual di pasaran, baik berpenyakit seperti antraks maupun cacat fisik.

Dia menyebut, hari ini pihaknya hanya melakukan pemeriksaan fisik. Adapun pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara keseluruhan akan dilaksanakan pada H-7 lebaran.

“Tim yang akan turun sebanyak 42 orang, kita bagi menjadi 5 tim yang terdiri dari mahasiswa kedokteran hewan Unhas, persatuan dokter hewan Indonesia dan dari DP2 sendiri. Kelima tim inilah nantinya yang akan mengcover seluruh kecamatan yang ada di Makassar,” kata Bagoes.

Dia juga mengimbau, masyarakat yang akan membeli hewan kurban agar membeli sapi atau kambing yang telah dilengkapi kartu kesehatan dari pemerintah kota.

“Jadi setelah kita lakukan pemeriksaan ke pedagang, kita akan keluarkan kartu kesehatan, kita minta kepada masyarakat yang ingin membeli hewan kurban agar membeli hewan yang dilengkapi kartu kesehatan, ini semata-mata untuk menjamin keamanan dan kesehatan hewan kurban,” ucap Bagoes.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Hendra Wijaya

Tim Terpadu Gelar Pemeriksaan Perdana Hewan Kurban Hari Ini 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga