Ini Tokoh dan Artis Internasional yang Merasakan Gempa di Lombok

31
  • 3
    Shares
John Legend 1
Ini Tokoh dan Artis Internasional yang Merasakan Gempa di Lombok 1

SULSELSATU.com, LOMBOK – Gempa Lombok yang kali ini berkekuatan 7 skala Richter ternyata juga dirasakan cukup keras hingga pulau Bali.

Warga pun berhamburan dari rumah. Mereka yang tengah di dalam gedung dan pusat perbelanjaan turut keluar dari bangunan. Sejauh ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal dunia akibat gempa Lombok sebanyak 91 orang.

Tak hanya warga lokal, sejumlah wisatawan manca negara juga turut merasakan guncangan gempa Lombok. Bahkan, di antara warga negara asing itu, terselip sejumlah tokoh dunia.

Beberapa dari mereka ada yang sedang bekerja dan ada berlibur. Seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (6/8/2018), berikut 4 tokoh dunia yang menjadi saksi gempa Lombok:

1. Peter Dutton – Menteri Dalam Negeri Australia
Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton mengatakan bahwa dirinya merasa sangat beruntung bisa lolos dari gempa Lombok pada Minggu 5 Agustus 2018 malam.

Dikutip dari laman Sbs.com.au, Dutton yang kala itu sedang makan malam di sebuah restoran di lantai 12 sebuah hotel berhasil selamat tanpa mengalami cedera.

“Gempa dengan kekuatan 7 skala Richter membuat kami jatuh ke lantai,” ujar Dutton saat diwawancarai oleh Radio Sydney 2GB.

“Guncangannya cukup keras dan bangunan tempat kami makan goyang. Itu semua berlangsung selama satu menit atau lebih,” tambahnya.

Meski begitu, Dutton tetap bersyukur lantaran semua delegasi Australia yang terdampak gempa Lombok dalam keadaan baik.

Kehadiran Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton beserta rombongan di Lombok untuk menghadiri Sub Regional Meeting on Counter Terrorism, yang semula direncakan berlangsung hari ini dan akhirnya ditunda akibat bencana tersebut.

2. K Shanmugam – Menteri Hukum dan Urusan Dalam Negeri Singapura
Menteri Hukum dan Urusan Dalam Negeri Singapura, K Shanmugam, mengatakan pada Senin 6 Agustus 2018, bahwa ia dan delegasi Singapura masih menunggu penerbangan keluar dari pulau wisata itu setelah gempa Lombok berkekuatan 7 skala Richter mengguncang.

Dikutip dari Channel News Asia, Menteri Shanmugam sempat mengunggah beberapa foto di akun Facebook-nya, yang memperlihatkan dampak pasca-gempa di kamar hotel tempatnya menginap.

Pada Senin 6 Agustus pagi, Menteri Shanmugam kembali mengabarkan perkembangan terkini kondisi pasca-terjadinya gempa Lombok. Dijelaskan bahwa banyak orang memilih berdiam di luar ruang hingga matahari terbit.

“Setelah menunggu di pinggir jalan, kami pergi ke hotel lain, namun pihak hotel tidak menyarankan untuk membuka kamar di bangunan bertingkat,” ujar Menteri Shanmugam.

“Akhirnya kami memutuskan pergi ke bandara, dan menunggu di pos polisi setempat. Para petugas polisi di sana baik hati,” lanjutnya seraya menyebut bandara dalam kondisi kacau, dipenuhi banyak orang.

Kepada media, Menteri Shanmugam mengatakan bahwa ia dan delegasinya hanya mengambil barang-barang paling penting, dan sesegera mungkin meninggalkan kamar hotel.

3. Chrissy Teigen – Model
Model asal Amerika Serikat Chrissy Teigen sedang berada di Bali saat gempa mengguncang. Bersama sang suami, penyanyi John Legend dan dua anak mereka, Luna (2) dan Miles yang masih bayi, keluarga itu sedang berlibur di Pulau Dewata.

Taigen membagikan pengalamannya saat gempa mengguncang di akun twitternya, @chrissyteigen.

“Ya, Tuhan,” tulis dia dalam akun Twitternya. “Bali berguncang. Sangat lama.”

Teigen mengaku, guncangan terjadi selama 15 detik. Rasanya, kata dia, seperti berada di stilts, alat mirip enggrang yang bisa melompat tinggi.

Teigen juga mengungkapkan, ada banyak guncangan susulan pasca-gempa utama.

“Apakah karena tubuhku masih bergetar atau gempa ini tak kunjung berakhir. Aku mencoba bersikap normal di sini,” tulis dia.

Laporan langsung Teigen dari lokasi gempa segera direspons sejumlah penggemarnya. “Naik pesawat dan pulanglah,” kata salah satu penggemar.

4. John Legend – Penyanyi
John Legend yang juga berada di Bali bersama anak dan istri langsung memberikan konfirmasi pada Metro.uk bahwa keluarganya dalam kondisi baik.

John Legend dan keluarganya tengah berlibur di Bali sepekan ini. Sang istri, Chrissy Teigen mendokumentasikan liburan tersebut di akun Instagramnya.

Gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dirasakan cukup keras di Pulau Bali. Gempa itu dirasakan merata oleh masyarakat Pulau Dewata.

Warga berhamburan dari rumah. Mereka yang tengah di dalam gedung dan pusat perbelanjaan berhamburan ke luar. Pantauan di beberapa lokasi, sejumlah bangunan rusak. Salah satunya pusat perbelanjaan di Kawasan Sudirman, Matahari Mall.

Editor: Agung Hidayat

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga