Ada 1.366 Penderita TB di Jeneponto, Kadis Kesehatan: Masih Kecil

211
  • 20
    Shares
Kadis Jeneponto
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, dr. Syafruddin Nurdin. (IST)
Ada 1.366 Penderita TB di Jeneponto, Kadis Kesehatan: Masih Kecil 1

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Komunitas TB-HIV Care Aisyiyah Jeneponto mencatat jumlah penderita tuberculosis (TB) di Jeneponto selama Januari hingga Agustus 2018 telah menembus angka 1.366 orang.

Para penderita TB yang teridentifikasi ini merupakan hasil investigasi kader Pejuang Lillahi Ta’ala (PELITA). Jumlahnya, dari Juni-agustus 2018, kader Aisyiyah menemukan Suspek TB sebanyak 396 orang dan positif TB sebanyak 45 orang.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, dr. Syafruddin Nurdin mengatakan, data korban penderita TB di Jeneponto telah ia terima dan kini sudah ditangani oleh pihak Puskesmas.

Syafruddin menganggap jika data tersebut masih kecil jika dibandingkan dengan kondisi Jeneponto sebelumnya.

“Secara umum itu masih kecil, cuma bahayanya ini penyakit menular. Jadi yang 300 lebih ini pun yang masih dianggap kecil. Itu harus diberikan perhatian serius utamanya pengobatan gartis, kalau tidak dia akan menular ke yang lainnya,” katanya.

Diketahui, TBC atau tuberculosis disebabkan infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara.

Penyakit TBC ini biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya. Jika tidak segerah ditangani dengan baik, maka akan memakan korban jiwa.

Penulis: Dedi
Editor: Awang Darmawan

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga