Dinkes Toraja Utara Ajak Warga Budayakan Pola Hidup Sehat

45
  • 2
    Shares
Germas

SULSELSATU.com, TORAJA UTARA – Kantor Kelurahan Tallung Lipu bekerjasama Dinkes Toraja Utara menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Halaman kantor Kelurahan Tallung Lipu Jl Poros Tallung Lipu – Bori, Kecamatan Tallung Lipu, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (3/8/2018).

Dalam kegiatan yang dihadiri kurang lebih 400 orang ini, Dinkes tidak hanya memberikan pemerikan kesehatan gratis melainkan juga memberikan pengetahuan tentang pola hidup sehat.

Seperti di antaranya, pentingnya melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol.

Masyarakat juga diajak untuk selalu memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan juga diajari bagaimana menggunakan jamban.

Camat Tallung Lipu, Daud Palalangan mengatakan, melalui sosialisasi hidup Germas itu, masyarakat diharapkan akan lebih mengerti dalam menjalankan pola hidup sehat.

“Keberhasilan Germas ini tergantung partisipasi masyarakat. Maka dari itu, mari kita memulai hidup sehat dengan banyak berolahraga dan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah,” kata Daud.

Daud menambahkan, dengan terselenggaranya kegiatan Germas tersebut, peserta semakin sadar dan terus meningkatkan perilaku hidup sehat di kalangan masyarakat.

“Kita berharap, kiranya masyarakat yang ikut dalam kegiatan Germas ini, dapat mewujudkan paradigma hidup sehat demi kualitas hidup yang lebih baik, khususunya masyarakat di Kelurahan Tallung Lipu,” tuturnya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara, melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengkonsumsi buah dan sayur; dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

“Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” tutur Daud.

Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat. Tak lupa pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, turut hadir anggota Komisi IX DPR RI Andi Fauziah Fujiwatie Hatta, Lurah Tallung Lipu Rini R Maliku, Anggota DPRD Toraja Utara Ronny Mappiley Katunde.

Editor: Awang Darmawan

Dinkes Toraja Utara Ajak Warga Budayakan Pola Hidup Sehat 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga