Gerogoti Setengah dari Jumlah Dana Desa, Kades di Bone Dijebloskan ke Penjara

393
  • 99
    Shares
Kades
Dua oknum kepala desa dan mantan kepala desa Pattiro Riolo, Bone, dijebbloskan ke penjara terkait kasus korupsi dana desa. (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Polres Bone telah menetapkan dua kepala desa (Kades) di Kabupaten Bone sebagai tersangka terkait kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD).

Keduanya yakni Kades Pattiro Riolo Samsuddin Yesa dan Syamsuddin Rahman Plt. Kepala Desa Pattiro Riolo, Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.

Penetapan tersangka sekaligus penahanan terhadap keduanya dilakukan pada Senin (6/8/2018) sore kemarin

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, keduanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil audit BPK yang menemukan kerugian negara sekitar Rp540.851.000.

Dana itu jika dirinci terdiri dari penyimpangan ADD sebesar Rp103.585.000 dan penyimpangan Dana Desa sebesar Rp437.266.000.

“Tersangka menggunakan untuk membangun dan untuk terpilih kembali sekitar Rp300 juta, yang lain untuk pembangunan talud di masing-masing empat dusun,” kata Dicky, Selasa (7/8/2018).

Syamsuddin Yesa juga disebut megakui perbuatannya dan mengaku khilaf atas apa yang dilakukannya. Ia juga disebut mengaku mengerti salah dan memohon maaf sebagai pemerintah Desa Patiro Riolo.

Diketahui, selain Kades Pattiro Riolo, ada tiga kepala desa yang sementara dalam penyidikan dan dua lainnya masih dalam tahap penyelidikan.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya

Gerogoti Setengah dari Jumlah Dana Desa, Kades di Bone Dijebloskan ke Penjara 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga