China Perkenalkan Logo Asian Games 2022

40
  • 3
    Shares
Logo Asian Games 2022

SULSELSATU.com, CHINA – Asian Games ke-18 baru resmi dibuka pada 18 Agustus 2018. Namun, sudah ada kabar resmi lain dari China menyoal Asian Games 2022. Di negara tersebut atau tepatnya di Kota Hangzhou, Asian Games edisi berikutnya bakal berlangsung.

Ya, dalam seremoni di kantor pusat Hangzhou Culture Radio Television Group, Selasa (6/8/2018) pagi waktu setempat, logo Asian Games 2022 untuk pertama kalinya menyapa dunia.

Bertajuk ‘Surging Tides’ atau diartikan sebagai gelombang pasang, logo Asian Games 2022 memang sesuai namanya, menggambarkan gelombang air dengan warna biru serta diperkaya warna ungu serta merah.

Logo itu sendiri mengusung enam elemen: kipas dari China, Sungai Qiantang, gelombang, trek lari, logo Internet, hingga matahari merah dari logo Olympic Council of Asia (OCA).

Dilansir oleh China Daily, Walikota Hangzhou, Xu Liyi, mewakili Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC) menyatakan bahwa logo Asian Games 2022 menggambarkan spirit olahraga dengan nilai kebudayaan orisinal dari China.

“Logo ini mengekspresikan aspirasi warga China untuk mendukung suksesnya Asian Games dan membangun komunikasi dengan bangsa Asia lain. Logo ini akan menjadi sesuatu yang dikenang dan menambah prestise olahraga Asia serta dunia,” kata Xu Liyi, Selasa (7/8).

‘Surging Tides’ muncul lewat sayembara yang dibuka HAGOC pada Januari 2018. Logo buatan Professor Yuan Youmin dari China Academy of Art ini dipilih mengalahkan 4.263 proposal lain yang masuk dari seluruh penjuru China dan bahkan beberapa negara lain di Benua Asia, Eropa, hingga Amerika.

Dalam seremoni di Hangzhou itu, turut hadir Senior Vice President OCA, Timothy Fok Tsun-ting, yang mewakili sekaligus membacakan pesan President OCA, Sheikh Ahmed Al-Fahad Al -Ahmed Al-Jaber Al-Sabah. Dia menilai logo tersebut cukup menonjolkan keunikan Kota Hangzhou.

OCA pun yakin penyelenggaraan Asian Games ke-19 di China bisa berlangsung sukses. Sebagai tuan rumah pada 2022, Hangzhou menasbihkan diri sebagai kota ketiga China yang menjadi penyelenggara Asian Games usai Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Hangzhou sendiri merupakan kota terbesar keempat di China dengan populasi lebih dari 21 juta penduduk. Kota Hangzhou didaulat sebagai tuan rumah Asian Games 2022 oleh OCA dalam rapat di Turkmenistan pada September 2015 lalu.

Namun, sebelum itu, Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang dibuka pada 18 Agustus dan ditutup pada 2 September 2018. Pada upacara penutupan itulah, bendera Asian Games akan diteruskan ke Hangzhou sebagai tuan rumah pada 2022.

Editor: Agung Hidayat

Rekomendasi Berita

Baca Juga