Kemenag Tampilkan Buku Nikah Raksasa di Barru Expo, Ini Tujuannya

111
  • 7
    Shares
Img 20180806 Wa0136
Buku nikah raksasa yang ditampilkan Kemenag di Barru Expo 2018. (Ist)

SULSELSATU.com, BARRU – Kementrian Agama (Kemenag) Barru menampilkan buku nikah raksasa di stand Barru Expo 2018. Acara yang berlangsung sejak 4-Agustus ini berlangsung di Alun-Alun Kota Barru.

Penanggung Jawab Stand Kemenang Barru, Muhammad Idris mengatakan, Kemenag Barru memasang buku nikah raksasa ini sebagai edukasi dan pesan yang ingin disampaikan di masyarakat.

“Secara fisik ingin memperkenalkan model buku nikah asli dan sah dari negara karena selama ini masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa keterangan nikah yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh imam yang menikahkan dianggap sah dan bisa menjadi bukti terjadinya pernikahan,” ujar Idris

Hal tersebut itu dianggap illegal oleh negara. Kemudian yg kedua, ingin membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencatatan nikah di KUA agar kedepannya tidak ada lagi kasus-kasus nikah sirih yang akan merugikan kedua belah pihak dan merugikan kelangsungan administrasi pencatatan kependudukan anak-anaknya.

“Ini penting kami sosialisasikan kepada masyarakat agar ke depan bisa dipahami akan pentingnya sebuah buku nikah untuk administrasi pencatatan kependudukan anak-anaknya kelak,” ujarnya.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya