Gowa Sabet Sejumlah Penghargaan di Harganas XXV

25
  • 3
    Shares
Adnan Harganas

SULSELSATU.com, GOWA – Kabupaten Gowa berhasil meraih sejumlah penghargaan pada malam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXV yang berlangsung di Taman Pakui Sayang, Jl. AP Pettarani, Kota Makassae, Senin (6/8/2018).

Penghargaan dari BKKBN Sulsel diterima oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL yang hadir langsung dalam acara tersebut.

Sejumlah penghargaan yang berhasil diraih oleh Pemkab Gowa yakni, Juara III kategori kelompok Bina Keluarga Lansia, diraih oleh Kelompok BKL Hasanuddin, Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu, Juara III Kategori PIK jalur Pendidikan, diraih PIK remaja Sipakainge SMA III, Juara I kategori lomba peningkatan peran Puskesmas dalam pelayanan KB Era JKM melalui pemilihan puskesmas terbaik, diraih oleh Puskesmas Bajeng, Juara II kategori lomba peran Bidang praktek Mandiri dalam pelayanan KB era JKM, melalui BPM terbaik diraih oleh BPM Haerani, serta juara II kategori Gita Genre Putri untuk jalur masyarakat diraih oleh Aida ramadhani.

Adnan mengungkapkan, rasa bangganya dengan prestasi yang diraih oleh sejumlah stakeholder yang terkait dalam kegiatan ini.

Menurutnya peringatan Harganas ini menjadi momen evaluasi agar menjadi keluarga yang lebih baik. Apa lagi pada puncak peringatan Harganas ini Pemkab Gowa berhasil menerima beberapa penghargaan.

“Diraihnya sejumlah penghargaan ini menunjukkan eksistensinya sejumlah stakeholder dalam memberikan pembinaan kepada keluarga di Kabupaten Gowa, yang diharapkan kedepan dapat lebih meningkatkan prestasinya dari apa yang sudah diraih saat ini, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Sementara, Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono yang membuka kegiatan ini mengatakan bahwa, tujuan KB itu sendiri untuk mencerdaskan anak bangsa di samping membangun manusia yang berkualitas, yang ujungnya untuk membangun manusia yang berkualitas.

Ia mengatakan, manusia berkualitas adalah manusia yang hanya bisa tumbuh dan berkembang dari generasi yang berkualitas, generasi yang berkualitas hanya bisa tumbuh dan berkembang dari remaja yang berkualitas, remaja yang berkualitas hanya bisa tumbuh dan berkembang dari anak yang berkualitas, anak yang berkualitas hanya bisa tumbuh dan berkembang dari janin yang berkualitas, janin yang berkualitas hanya bisa tumbuh dan berkembang dari ibu yang berkualitas, ibu yang berkualitas hanya akan tumbuh dari keluarga yang berkualitas.

“Inilah siklus kehidupan manusia diharapkan memiliki bibit yang berkualitas dan cerdas serta memiliki tubuh yang sehat,” terang Sumarsono.

Selain itu, program KB juga merupakan bentuk investasi sumber daya manusia, tidak hanya ekonomi saja, tetapi membangun program KB juga merupakan bentuk investasi generasi hingga 25 tahun ke depan.

“Program ini yang tidak dapat dirasakan hasilnya dalam sesaat, tetapi hasilnya akan dirasakan 20 hingga 25 tahun ke depan,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala BKKBN Prov Sulsel, Rini Riantika dalam laporannya menyampaikan bahwa Harganas ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 (delapan) fungsi keluarga.

“Kedelapan fungsi tersebut, di antaranya, agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan lingkungan, serta pembentukan karakter sejak dini, guna mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera,” jelasnya.

Penulis: Reni Kamaruddin
Editor: Awang Darmawan