Bank Indonesia: GPN Jadi Identitas Nasional

55
Pembayaran Tol Non Tunai, Bambang Kusmiarso, Bank Indonesia
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Bambang Kusmiarso. (Sulselsatu/Abdul Kadir Jaelani)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) disebut sebagai identitas nasional Republik Indonesia karena menggunakan logo burung garuda dan berwarna merah.

Kepala BI Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, GPN menjadi identitas nasional karena memiliki logo garuda dan tulisan dengan warna kebanggaan merah putih.

“Ini menjadi kebanggaan nasional. Untuk desain kartunya, diserahkan kepada bank yang bersangkutan, tapi logonya serentak diseluruh Indonesia, menjadi national identity,” kata Bambang, Rabu, (8/8/2018).

Sementara untuk kesiapan infrastrukturnya, BI menyebutkan seperti mesin EDC di Sulsel yang berjumlah sekitar 100 ribu hampir 100 persen bisa digunakan menggunakan kartu GPN.

Bank yang telah berpartisipasi dalam peluncuran GPN sebanyak 53 bank. Namun, BI mengatakan jumlah banknya akan berkembang dan semakin banyak lagi bank yang bergabung.

“Tujuan utama GPN adalah ingin melaksanakan sistem pmebayaran aman, efisien dan lancar. Melihat bahwa ada kebutuhan mempunyai sistem pembayaran sifatnya nasional,” jelas Bambang.

Bambang juga mengimbau masyarakat dalam mengganti kartu karena bermanfaat bagi nasabah, perbankan, dan masyarakat. Penukaran kartu, lanjut Bambang secara gratis di bank-bank yang bersangkutan.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga