Kejari Siapkan 15 Jaksa untuk Tuntut CEO Abu Tours

75
Hamzah Mamba
Eks CEO Abu Tours and Travel Hamzah Mamba saat diserahkan ke Kejari Makassar. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim jaksa penuntut umum (JPU) terus memperbaiki dan menyempurnakan berkas dakwaan terhadap eks CEO Abu Tours, Hamzah Mamba.

Kepala Kejaksaan Negeri (Makassar), Dicky Rahmat Raharjo menyebutkan, sedikitnya ada 15 orang yang tergabung dalam berkas dakwaan terhadap Hamzah Mamba.

“Untuk berkas dakwaan tersangka HM, kita siapkan 15 orang jaksa,” ujar Dicky, Rabu (8/8/2018).

Selain itu, Dicky juga mengatakan bahwa proses perampungan dakwaan terdakwa kadus penipuan ribuan jemaah berkedok umrah murah itu perlu kehati-hatian. Alasannya, agar dakwaan yang diberikan bisa dibuktikan saat dilimpahkan di pengadilan.

Sebelum melimpahkan berkas dakwaan ke pengadilan, jaksa akan meminta pertimbangan hukum dari pimpinan Kejari. Dicky juga mengaku belum dapat memastikan kapan berkas Hamzah Mamba dilimpahkan.

Namun, ia berjanji segera mungkin melimpahkan berkas perkara eks CEO Abu Tours tersebut agar dapat segera disidangkan.

“Rencana paling lambat, pekan depan berkas dakwaannya kita ekspos bersama pimpinan,”sambungnya.

Diketahui, Hamzah Mamba dijerat dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh penyidik kepolisian. Selain itu ia juga dijerat pasal penipuan dan penggelapan. Total ada Rp1,8 triliun kerugian yang ditimbulkan akibat ulah biro travel umrahnya itu.

Pasal yang dilanggar Hamzah Mamba sendiri adalah pasal tindak pidana penggelapan, pasal 374 subs 372 KUHP, Juncto pasal 55 ke (1) KUHP Juncto pasal 64 ayat (1) KUHP dan atau pasal 5 undang undang RI nomor 8 tahun 2010, tentang tindak pidana pencucian uang.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga