Sumarsono: Sulsel Provinsi Pertama yang Kirim Bantuan ke Lombok

32
Img 20180807 Wa0009
Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono melepas Tim Tagana di Rujab Gubernur Sulsel ke Lombok, Selasa (7/8/2018). (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel ikut turun tangan membantu korban gempa berkekuatan 7,0 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu, (05/08/2018) lalu. Sulsel bahkan menjadi provinsi pertama yang mengirimkan bantuan ke daerah itu.

“Sulsel adalah provinsi pertama yang mengirimkan timnya ke Lombok,” kata Pj Gubernur Sulsel Sumarsono, Selasa (7/8/2018).

Bantuan yang dikirimkan berupa 20 orang tenaga medis dan 10 orang tim Tagana (Taruna Siaga Bencana). Selain itu, Pemprov juga mengirimkan bantuan logistik berupa selimut, peralatan medis, obat-obatan dan tenda.

Di sana, Pemprov Sulsel telah mendirikan posko bantuan bernama Posko Sulsel untuk korban bencana gempa bumi Lombok.

“Tugas pokok yakni membantu korban bencana dan akan dikoordinasikan oleh BPBD setempat tapi kebijakannya langsung dihandle oleh Menkopolhukam. Jadi, kita menunggu saja di titik mana bantuan akan ditempatkan,” ujarnya.

Adapun program utama di sana adalah penyediaan air bersih sebab, kata dia, banyak mayat yang tidak sempat dimandikan karena minimnya air bersih.

Terkait dengan apakah ada warga Sulsel yang menjadi korban, dia mengaku belum menerima laporan. “Tapi terlepas dari ada atau tidak dari Sulsel, misi kemanusiaan harus tetap berjalan,” jelas dia.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Sumarsono: Sulsel Provinsi Pertama yang Kirim Bantuan ke Lombok 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga