Gempa di Lombok, Kemenkes Kirim Bantuan 3,5 Ton Obat

11
  • 4
    Shares
Korban 1
Korban gempa di Lombok. (INT)

SULSELSATU.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali kirimkan bantuan, kali ini berupa obat-obatan sebanyak 3,5 ton.

Obat yang dikirimkan berupa obat Pelayanan Kesehatan Dasar (PKD) dan perbekalan kesehatan yang dikemas ke dalam 404 koli. Namun sudah ada yang dibawa kemarin, Senin (6/8/2018) sebanyak 9 koli dengan berat 45 kg dan sudah didistribusikan ke RSU Provinsi NTB dan RSUD Tanjung, Lombok Utara.

Dikutip dari laman Sehat Negeriku! Kementerian Kesehatan, Rabu (8/8/2018). obat-obatan dikirim juga pada Selasa, (7/8/2018) melalui jalur udara.

Obat diperkirakan tiba hari ini dan langsung diterima oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Kemudian obat didistribusikan ke Instalasi Farmasi Kabupaten Lombok Utara, RSUD Tanjung, dan RSU Provinsi NTB, yang melayani banyak pasien korban gempa.

Pendistribusian obat juga ditujukan ke RS Kota Mataram, RSUD Tanjung, RS Swasta Biomedik, RS Swasta Islam, dan RS Graha Ultima Medika.

Dinas Kesehatan Provinsi NTB pun telah mendistribusikan obat ke posko penanganan bencana di Senaru, Bayan, Santong, Gangga, Tanjung, Pemenang, dan Nipah.

Selain obat-obatan, Kementerian Kesehatan menilai perlu adanya pusat mitigasi bencana.

Saat ini, RSUD Mataram sudah dinilai layak untuk menjadi pusat pelayanan mitigasi bencana. Lebih dari 70 pasien mengalami patah tulang terbuka dan 30 lebih pasien alami patah tulang dalam.

Editor: Febriansyah

Terpopuler