Pemkab Barru Pastikan Stok Hewan Penuhi Kebutuhan Kurban

21
  • 3
    Shares
20180808 131935
Tim Teknis Kesehatan Hewan, Bidang Peternakan Dinas Pertanian Barru, Syahrir. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Pemkab Barru memastikan ketersediaan hewan ternak pada pelaksanaan Idul Adha. Ada 1.500 ekor hewan ternak yang akan dipasarkan di Kabupaten Barru.

Tim Teknis Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Barru, Syahrir mengatakan, dalam rangka menghadapi hari raya, Idul Adha penyediaan hewan ternak sebanyak 1.500 ekor.

“Untuk Barru hewan kurban sebanyak 1.500 ekor,” kata Syahrir, kepada Sulselsatu.com, Rabu (8/8/2018).

Sebelum dilaksanakan pemotongan hewan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak tersebut.

“Kita menyurat dulu ke Kemenag, kemudian dilanjutkan ke Masjid-masjid yang ada di Kabupaten Barru untuk dilakukan imbau adanya pemeriksaan hewan ternak siap kurban,” lanjut dia.

“Sebelum dipotong kami lakukan pemeriksaan terlebih dahulu bagian luar ternak, seperti pemeriksaan usia hewan, mata apakah tidak cacat, buah sakar, kulit, dan serta pemeriksaan bagian luar lainnya, kemudian memeriksa pasca pemotongan yang melingkupi pemeriksaan hati, jika ditemukan hatinya terindikasi cacing hati, maka kami sarankan untuk tidak dikonsumsi,” jelas Syahrir.

Rencananya, pemeriksaan hewan ternak ini akan dilakukan satu pekan sebelum hari H. “Jadi satu Minggu sebelum hari H kami sudah turun untuk melakukan pemeriksaan,” katanya.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

Pemkab Barru Pastikan Stok Hewan Penuhi Kebutuhan Kurban 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga