Google Resmi Rilis Android versi 9.0 Pie

27
Ilus B

SULSELSATU.com –  Google resmi merilis versi terbaru sistem operasi (OS) mobile mereka yakni Android 9 Pie pada Senin (6/8/2018). Huruf “P” merujuk pada “Pie” atau meneruskan tradisi Google yang menggunakan nama makanan untuk kode versi seri Android mereka.

Sesuai tradisi, Pie diambil dari makanan penutup dengan rasa manis, meski ada beberapa versi asin dengan isian daging dan keju.

Sejumlah fitur anyar turut diboyong Google untuk pembaruan Android Pie, mulai dari mode malam (dark mode) yang mengubah tampilan antarmuka jadi gelap, digital wellbeing, navigasi berbasis gesture, status bar yang dibuat kosong di bagian tengah untuk mengakomodir ponsel berdesain ‘notch’ di layar, hingga notifikasi gaya baru.

Lewat blog resmi, Google memastikan telah meningkatkan keamanan dan privasi data penggunanya. Penggunaan biometrik untuk informasi sensitif seperti kartu kredit diklaim akan terjamin keamanannya.

Sama seperti pembaruan sebelumnya, pengguna ponsel Pixel akan lebih dulu kebagian pembaruan Android Pie lewat update over-the-air. Menyusul sejumlah pabrikan ponsel besutan Samsung, Xiaomi, Sony, Nokia, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential sekitar kuartal ketiga 2018.

“Kami juga bekerja sama dengan para partner lain untuk meluncurkan perangkat baru dengan Android 9, atau upgrade ke Android 9, di tahun ini,” tulis Google.

Editor: Febriansyah

Google Resmi Rilis Android versi 9.0 Pie 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga