Kisru dengan Kanada, Arab Saudi Pindahkan Pasien RS ke Negara Lain

24
  • 1
    Share
Saudi Dan Kanada
Kanada dan Arab Saudi (int)

SULSELSATU.com – Arab Saudi telah menghentikan semua program pengobatan warganya di Kanada dan sedang mengatur pemindahan seluruh pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit Kanada. Kerajaan konservatif ini akan membawa semua pasien warga negaranya ke luar Kanada.

Kantor berita itu mengutip keterangan atase kesehatan Arab Saudi untuk Amerika dan Kanada, dr Fahd bin Ibrahim at Tamimi.

Arab Saudi membekukan perjanjian perdagangan dan penanaman modal yang baru dengan Kanada. Tak hanya itu, negara tersebut juga mengusir Duta Besar Kanada sebagai pembalasan atas seruan Kanada agar Arab Saudi membebaskan sejumlah aktivis masyarakat madani yang ditahan.

Perseteruan antara kedua negara meningkat cepat sejak Jumat 3 Agustus, setelah Kementerian Luar Negeri Kanada menyatakan kekhawatiran tentang catatan HAM di Arab Saudi, menyusul penangkapan beberapa aktivis sosial terkemuka setempat, demikian seperti dilaporkan dari VOA Indonesia yang melansir Reuters, Rabu (8/8/2018).

Mereka yang ditahan termasuk pengampanye hak asasi manusia Saudi-Amerika, Samar Badawi, yang merupakan saudara perempuan blogger yang dipenjara, Raif Badawi.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan dia “sangat prihatin” dengan pengusiran diplomat itu. Namun, dia menambahkan, “Kanada akan selalu membela perlindungan hak asasi manusia, termasuk hak-hak perempuan dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia.”

“Kami tidak akan pernah ragu untuk mempromosikan nilai-nilai ini dan kami percaya bahwa dialog ini sangat penting untuk diplomasi internasional.”

Editor: Febriansyah