Liga Inggris Belum Tertarik Gunakan VAR, Ini Alasannya

33
  • 2
    Shares
VAR (int)

SULSELSATU.com – Teknologi Video Assistant Referee (VAR) telah digunakan dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia dan mendapat sambutan positif dari sejumlah pecinta sepakbola. Pun demikian, penggunaan teknologi video asisten wasit tersebut dipastikan tidak akan digunakan di Liga Primer Inggris musim 2018-2019 yang akan segera bergulir, akhir pekan ini.

Dilansir dari Daily Mail, salah satu wasit asal Inggris, Mark Clattenburg mengungkapkan bahwa butuh waktu bagi Liga Primer untuk menggunakan sistem VAR. “Teknologi tersebut masih perlu mengalami perkembangan kurang lebih 12 bulan untuk dapat dilibatkan dalam pertandingan Liga Primer. Sebagai wasit, kami masih harus menemukan adanya transparasi dalam sistem VAR,” ungkap wasit berusia 43 itu.

Clattenburg ingin penonton juga dapat melihat tayangan ulang sehingga semua dapat menilai kejadian di lapangan. “Untuk bisa menggunakan VAR, liga membutuhkan wasit yang berkualitas di lapangan dan di luar lapangan. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan lebih banyak pengalaman. Jadi saya pikir untuk saat ini, sistem ini masih belum bisa digunakan di liga,” jelasnya.

BANYAK PERMASALAHAN

Seperti diketahui sepanjang perhelatan Liga Primer Inggris, ada begitu banyak permasalahan jika sistem VAR benar-benar diterapkan. Selain karena masalah waktu pertandingan yang sudah terikat kontrak lewat hak siar di seluruh dunia. Selain itu, Liga Primer Inggris juga dikenal sebagai kompetisi yang kerap menyuguhkan sejumlah pertandingan cepat dan ketat sehingga tidak memungkinkan untuk membuang-buang waktu.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga