Ini Alasan Jokowi Pilih Ma’ruf Amin Sebagai Cawapres

  • 2
    Shares
Jokowi Maruf Amin

SULSELSATU.com, JAKARTA – Joko Widodo menyebut sosok Ma’ruf Amin yang baru saja diumumkan sebagai cawapresnya pada Pilpres 2019 adalah tokoh agama yang bijaksana.

“Prof Kiai Haji Ma’ruf Amin adalah sosok tokoh agama yang bijaksana, beliau duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia, dalam kaitannya dengan kebinekaan, Prof Dr Kyai Haji Ma’ruf Amin juga menjabat Dewan Pengarah Badan Pengembangan Ideologi Pancasila,” kata Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan cawapresnya setelah pertemuan dengan petinggi partai politik pendukungnya di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis petang (9/8).

Ia mengatakan, pemilihan Ma’ruf Amin setelah melalui perenungan mendalam dan mempertimbangkan masukan-masukan dan saran dari berbagai elemen masyarakat.

“Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan partai koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampini saya sebagai cawapres 2019-2024 adalah Profesor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” katanya.

Ia menambahkan sebanyak 9 partai Koalisi Indonesia Kerja semuanya telah menandatangani secara utuh kesepakatan tersebut.

Setelah kesepakatan dicapai, Jokowi-Ma’ruf kemudian akan mendaftar ke KPU pada Jumat pagi (10/8) sekitar pukul 10.00 WITA.

Jokowi sebelumnya menyebutkan bahwa dia memutuskan untuk kembali mencalonkan diri sebagai Presiden 2019-2024.

Menurut dia, keputusan ini adalah tanggung jawab besar yang erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan yang merata dan berkeadilan di seluruh pelosok nusantara.

Editor: Agung Hidayat