MK Tolak Permohonan Sengketa Dua Paslon di Pilkada Sinjai

40
  • 10
    Shares
Rrrrr
Amar putusan MK permohonan sengketa Pilkada Sinjai. (Ist)

SULSELSATU.com, SINJAI – Permohonan sengketa hasil Pilkada Sinjai yang diajukan pasangan Takyuddin Masse-Mizar Roem dan pasangan Sabirin Yahya-Andi Mahyanto ke Mahkamah Konstitusi (MK) ditolak.

Penolakan gugatan Paslon SBY-AMM dengan pertimbangan bahwa pemeriksaan pendahuluan meskipun pemohon telah dipanggil secara sah dan patut melalui surat Panitera Mahkamah Konstitusi Nomor 98.45/PAN.MK/7/2018, bertanggal 24 Juli 2018.

Pemohon ternyata tidak hadir tanpa terlebih dahulu memberikan alasan yang sah. Kemudian Kepaniteraan Mahkamah telah menghubungi pemohon melalui telepon pada tanggal 26 Juli 2018, dan memperoleh jawaban bahwa pemohon menyatakan tidak akan melanjutkan permohonannya.

Dengan jawaban pemohon demikian, Mahkamah berpendapat pemohon tidak bersungguh-sungguh dengan permohonannya, sehingga permohonan harus dinyatakan gugur.

“Bahwa berdasarkan fakta sebagaimana diuraikan pada di atas maka berlaku ketentuan Pasal 30 Ayat (1) PMK 5/2017 yang menyatakan, “Dalam hal Pemohon dan/atau kuasa hukumnya tidak hadir dalam sidang pemeriksaan pendahuluan pada hari yang telah ditentukan tanpa alasan yang sah meskipun telah dipanggil secara sah dan patut, Mahkamah menyatakan permohonan gugur,” tulis Mahkamah Konstitusi dalam amat putusan seperti dilansir di situs resminya.

Sementara, penolakan gugatan Takyuddin-Mizar, berdasarkan penialaian atas fakta dan hukum, bahwa eksepsi termohon dan pihak terkait mengenai kewenangan Mahkamah tidak beralasan menurut hukum, sehingga Mahkamah konstitusi menyatakan permohonan tidak dapat diterima.

Tim hukum pasangan Andi Seto Gadistha Asapa-Andi Kartini Ottong, Ahmad Marsuki saat di konfirmasi via WhatsApp membenarkan amar putusan yang menolak gugatan paslon nomor urut tiga di Pilkada Sinjai.

“Pada sidang tersebut Hakim MK menyatakan permohonan pemohon tidak diterima,” ungkapnya.

Dengan ditolaknya gugatan kedua paslon tersebut dikatakan Ahmad Marsuki bahwa, itu menandakan Pilkada Sinjai telah selesai, selanjutnya pasangan Andi Seto-Andi Kartini yang akan ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2018-2023.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya

Terpopuler