Ini Biodata Cawapres Jokowi Ma’ruf Amin

379
  • 2
    Shares
Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin. (INT)

SULSELSATU.com – Joko Widodo resmi menunjuk ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin sebagai wakil presiden dalam pimilihan presiden 2018.

Di situs mui.or.id, Ma’ruf disebutkan memimpin MUI sejak 2015. Pria kelahiran Tangerang, 11 Maret 1943 (75 tahun), ini menggantikan Din Syamsuddin sebagai Ketua Umum MUI.

Ma’ruf disebut sebagai ulama fikih yang disegani. Sebelum jadi Ketua Umum, di MUI Ma’ruf pernah menjadi Ketua Komisi Fatwa yang bertanggung jawab soal penerbitan fatwa MUI.

Ma’ruf yang pernah belajar di Pondok Pesantren Tebuireng ini disebut cicit dari Syaikh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani, ulama besar asal Banten yang pernah menjadi Imam Masjidil haram.

Dalam catatan Wikipedia, Syaikh Nawawi adalah ulama yang hidup tahun 1730 hingga 1813. Para ulama Indonesia menyebut Syaikh Nawawi sebagai Bapak Kitab Kuning Indonesia. Ratusan buku pernah dia tulis semasa hidup.

Selain orang nomor satu di MUI, Ma’ruf juga menduduki jabatan tertinggi di Nahdlatul Ulama, organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia. Jabatannya adalah Rais Am atau Ketua Umum dalam arti sebenarnya.

Editor: Agung Hidayat

Ini Biodata Cawapres Jokowi Ma'ruf Amin 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga