BI Optimis Pertumbuhan Defisit Transaksi Berjalan di Bawah 3 persen

4
  • 1
    Share
Bank Indonesia 1
Bank Indonesia (IST)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Kepala Departemen Bank Indonesia (BI), Yati Kurniati mengaku optimistis pertumbuhan defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) hingga akhir tahun 2018 berada di bawah 3 persen.

Itu dikatakan, mengingat pada kuartal II 2018 telah CAD telah mengalami kenaikan sebesar tiga persen atau setara dengan USD 8 miliar.

“Jadi memang di kuartal II dia selain ada kebutuhan-kebutuhan yang produktif juga ada faktor musiman. Kami kalau lihat kuartal I dan kuartal II 2,6 terhadap PDB ini masih kami pandang normal dan baik,” ujar dia saat ditemui di Gedung BI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Dengan demikian, Yati meyakini hingga semester II 2018 defisit CAD akan tetap berada di bawah 3 persen. Sebab, pemerintah kata dia, tidak tinggal diam dan terus melakukan upaya menjaga defisit transaksi berjalan sehingga tidak makin melebar.

“Untuk itu BI dengan pemerintah sudah aware dengan defisit tinggi sehingga koordinasi untuk menjaga CAD ini lebih terkendali termasuk juga meningkatkan sumber-sumber devisa yang sudah di depan mata seperti pariwisata yang kita kelola dengan baik sehingga tahun ini bisa menurunkan defisit dan akan surplus,” ujar dia.

Editor : Agung Hidayat

BI Optimis Pertumbuhan Defisit Transaksi Berjalan di Bawah 3 persen 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga