Belasan Depot Air Minum Isi Ulang di Sinjai Tidak Layak Komsumsi

0
  • 1
    Share
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, SINJAI – Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai menemukan, 11 dari 48 depot air minum isi ulang di daerah ini tidak layak komsumsi.

Ke-11 usaha depot air minum isi ulang ini dianggap belum memenuhi syarat layak higienis sanitasi setelah diuji laboratorium oleh Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, data terkait tidak layaknya komsumsi beberapa depot air minum isi ulang dikeluarkan berdasarkan uji laboratorium.

“Memang benar ada sekitar belasan depot air minum isi ulang yang belum memenuhi syarat atau belum layak dikomsumsi langsung. Untuk tindak lanjutnya adalah kewenangan pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang mengeluarkan izin,” kata Irwan.

Seharusnya, kata Irwan, semua depot air minum isi ulang yang beroperasi di Kabupaten Sinjai, harus memenuhi syarat layak higienis sanitasi atau layak komsumsi yang telah ditetapkan dalam aturan.

Setiap bulan turun memeriksa sampel air setiap usaha depot air minum, apakah layak komsumsi atau belum, karena dampak bagi yang mengkomsumsi air yang tidak higienis sanitasi bisa terkana penyakit diare dan tipus.

“Air yang tidak sehat atau tidak higienis biasanya tercemar barkteri E-Coli dan mengandung zat kimia yang dampaknya akumulatif. Pentingnya dilakukan uji klinis ini, untuk mengetahui apakah air minum isi ulang yang mereka jual sudah terbebas dari bakteri Ecoli dan tingkat keasaman harus nol,” pungkasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya