Berbahayakah Jika Tidur Pakai AC Sepanjang Malam? Ini Penjelasan Ilmiahnya

1
Ilustrasi (int)
Berbahayakah Jika Tidur Pakai AC Sepanjang Malam? Ini Penjelasan Ilmiahnya 1

SULSELSATU.com – Tak bisa dipungkiri kalau penyejuk udara atau AC sangat dibutuhkan di negara-negara dengan iklim tropis termasuk Indonesia. Suhu udara yang panas tak hanya di siang hari bahkan berlanjut hingga malam hari. Tak ayal jika banyak orang yang selalu mengaktifkan penyejuk ruangan di rumahnya.

Pada malam hari sendri, tak sedikit orang yang tetap menyalakan Air Conditioner (AC) untuk memberikan rasa nyaman saat tidur.

Namun, pernahkan kamu berpikir jika tertidur dengan AC sepanjang malam dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuhmu? Untuk menjawab hal itu, seperti yang dilansir dari elite daily, menurut seorang Pelatih Ilmu Tidur dan Pendiri SleepZoo, Chris Brantner, kondisi tersebut tak masalah, justru dengan kondisi ruangan dingin tubuh kamu akan mendapatkan kenyamanan yang kamu inginkan.

“Tidur disaat hangat bisa sulit, karena tubuh kamu perlu menurunkan suhu intinya beberapa derajat, agar kamu dapat tidur dan tetap tertidur. Tapi tertidur dengan AC menyala malah direkomendasikan untuk kesehatan,” kata Chris Brantner pada elite Daily.

Namun disisi lainnya menurut National Sleep Foundation, kondisi ruang yang cukup baik untuk tidur ialah 16-19 derajat celcius. Jadi bagi kamu yang kerap tidur dengan AC Menyala sepanjang malam paling tidak tidur pada suhu ruangan itu. Kenyamanan tidur akan menentukan kualitas kesehatan tubuh kamu.

Tapi kenyataannya masih banyak orang yang mengira jika tidur dengan keadaan AC menyala adalah suatu yang salah dan memiliki dampak yang buruk. Cegah dengan beberapacara yang baik.

Caranya yaitu, pada saat kamu terbangun di pagi hari dengan kondisi tidur dengan AC sepanjang malam, perhatikan napas kamu dan selanjutnya lihatlah kulit kamu apakah terasa kering atau tidak.

Chris Brantner mengungkapkan jika saat kamu tertidur dalam suasana sejuk sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan. Kendati demikian jika tidur dengan AC tubuh kamu mudah terdehidrasi. Selain itu dapat menyebabkan kesulitan bernapas di malam hari dan berpotensi membuat kulit terasa kering.

Jadi solusinya ialah, sebaiknya sebelum tidur dengan AC menyala, oleskanlah pelebab tubuh dan harus selalu sedia air putih di dekat tempat tidur kamu.

Editor: Febriansyah

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga