Live Streaming Final Piala AFF -U16: Indonesia vs Thailand

2
  • 2
    Shares
Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-16. (INT)

SULSELSATU.com – Final Piala AFF U-16 antara Indonesia vs Thailand diprediksi berlangsung ketat. Sebagai tuan rumah, Indonesia tentunya tidak ingin melepas peluang untuk mengukir sejarah dengan meraih gelar pertama di turnamen ini.

Sebagaimana diketahui, tim nasional U-16 Indonesia belum sekalipun mencicipi gelar turnamen ini. Sejak Piala AFF U-16 digelar pada 2002 silam, posisi runner up menjadi prestasi terbaik yang diraih Indonesia.

Di Piala AFF U-16 2013, Indonesia berhasil melaju ke partai final setelah menyingkirkan Australia di semifinal. Namun di partai puncak, Indonesia yang tampil gemilang harus merelakan gelar kepada Malaysia yang menang dalam drama adu penalti.

Tahun ini, Indonesia kembali tampil di partai puncak. Peluang emas untuk mengukir prestasi ini tentunya tidak akan dilepaskan begitu saja oleh pelatih Fakhri Husaini, meski sebelum-sebelumnya mantan pemain timnas Indonesia itu tidak pernah membebankan anak-anak asuhnya dengan target.

Menghadapi Thailand, Indonesia bisa dikatakan memiliki catatan yang lebih baik di turnamen kali ini. Lima pertandingan di fase grup dilahap tim berjuluk Garuda Asia dengan lima kemenangan.

Lima laga di Grup A itu ditutup Indonesia dengan 15 poin, 21 gol dan tiga kali kebobolan.

Sedikit berbeda dengan tuan rumah, Thailand yang merajai Grup B gagal mendulang poin sempura di setiap laga. Dari empat pertandingan yang dilakoni, Thailand membukukan tiga kemenangan dan satu hasil imbang saat menghadapi Laos.

Dari empat pertandingan, total, para pemain Thailand melesakan 12 gol dengan dua kali kebobolan.

Meski demikian, Indonesia tetap tak bisa meremehkan tim dari Negeri Gajah Putih itu. Karena fakta menyebut Thailand tidak pernah kalah di 90 menit pertandingan dari lima partai final yang sudah mereka lalui.

Dari lima partai final, Thailand sukses memenangkan tiga diantaranya. Yaitu Piala AFF U-16 tahun 2007, 2011 dan 2015. Sedangkan dua diantaranya, yaitu kontra Myanmar pada tahun 2005 dan Vietnam pada 2017, Thailand tumbang lewat drama adu penalti.

Dari segi prestasi, Thailand memang unggul. Akan tetapi skuat Indonesia saat ini boleh dibilang sangat berbahaya. Kecepatan pemain sayap macam Supriadi dan Fajar Fathur Rachman yang kerap mendapat pasokan bola dari Brylian Neghieta bisa menjadi ancaman serius.

Belum lagi keganasan top skor sementara Piala AFF U-16 saat ini, Amiruddin Bagus Kahfi. 12 gol yang dicetaknya dari enam pertandingan, dipastikan akan menjadikan dirinya sebagai target pemain belakang Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018).

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari (Kiper); Bagas Kaffa, Nur Rahman, Komang Teguh, Yudha Febrian (Belakang); Brylian Negiehta, David Maulana, Andre Oktaviansyah (Tengah); Bagus Kahfi, Sutan Zico, M. Supriadi (Depan).

Pelatih: Fakhri Husaini

Thailand (4-4-2): Anuchid Taweesri (Kiper); Arthit Bua-Ngam, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakron Innet, Chatmongkol Rueangtanarot (Belakang); Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Thanarit Laorkai, Thirapong Yangdi (Tengah); Sitthinan Rungruang, Kittipong Khetpara (Depan).

Pelatih: Thongcai Rungreangleas

Link Live Streaming di sini

Editor: Febriansyahi