Disperindag Sinjai Perketat Pengawasan Depot Air Minum

11
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, SINJAI – Plt Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sinjai, dr. Nikmat B Situru berencana untuk memperkat pengawasan depot air minum isi ulang. Hal itu dilakukan menyusul masih banyaknya depot air minum isi ulang yang belum memenuhi syarat layak higienis sanitasi atau layak konsumsi.

Nikmat mengatakan, pihaknya akan memberikan pembinaan dan pengawasan ketat secara berkala bagi pengusaha depot air minum isi ulang yang belum memenuhi syarat.

“Kita akan berikan pembinan dan pengawasan secara berkala. Upaya ini untuk peningkatan kualitas layanan dan yang terpenting untuk perlindungan konsumen,” kata Nikmat.

Nikmat mengatakan, bagi izin pengusaha depot air minum isi ulang yang masih belum memenuhi syarat layak higienis sanitasi atau layak komsumsi, terlebih dahulu akan mengikuti pembinaan dari Disperindag Sinjai.

“Kita berikan pembinaan dulu, sambil kita lakukan pengawasan dan pemeriksaan lab secara rutin,” katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, Irwan Suaib menjelaskan, aturan yang menetapkan syarat layak higienis sanitasi depot air minum isi ulang tertuang dalam Kepmenkes RI Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010, tanggal 19 April 2010.

“Saya berharap kesadaran para pelaku usaha depot air minum isi ulang untuk tetap menjaga kesehatan dan kualitas airnya dengan melakukan pengecekan setiap bulannya,” harapnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Awang Darmawan

Disperindag Sinjai Perketat Pengawasan Depot Air Minum 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga