160 JCH Kabupaten Luwu Timur Tiba di Asrama Haji Sudiang

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Luwu Timur dari Kelompok Terbang (Kloter) 32 tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (11/08/2018). Mereka datang dengan pengawalan jajaran Polres, Dishub dan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Luwu Timur didampingi oleh petugas kesehatan, pembimbing ibadah, dan pendamping daerah.

JCH asal Kabupaten Luwu Timur memasuki asrama Haji Sudiang Makassar pagi ini. Rombongan calon Haji Luwu Timur diserahkan oleh Staf Ahli Pembangunan Kabupaten Luwu Timur, Zakaria Bakrie, kepada Panitia Embarkasi Makassar Abd. Wahid Tahir, KTU Kanwil Kementerian Agama Prov Sulsel, diterima di Masjid Asrama Haji Sudiang.

Acara penyerahan JCH Luwu Timur di asrama sudiang tersebut, juga dihadiri oleh Anggota DPRD Luwu Timur, KH. Asis Rachmal, Ketua TP-PKK Luwu Timur, Puspawati Husler, Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Luwu Timur, H. Abu Bakar Abbas, Kadis Kesehatan, dr. April, Kadis Perhubungan, A. Makkaraka, Kepala Bagian Kesra Luwu Timur, Asmawati dan Kabag Kesra Kota Makassar.

Tiba di Asrama Haji, para calon Haji Luwu Timur yang berjumlah 160 orang ini bergabung dengan kloter 32 gelombang ke 2 bersama Kota Makassar.

Mewakili Rombongan Kabupaten/Kota Staf Ahli Pembangunan Kabupaten Luwu Timur, Zakaria Bakrie berharap kepada para JCH untuk mengikuti petunjuk dan arahan serta selalu berkonsultasi dengan pembimbing haji bila ada hal yang tidak dipahami.

“Kepada seluruh jamaah Haji untuk tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji agar menjalankan ibadah di tanah suci dengan sempurna,” harap Zakaria.

Lanjut, Zakaria meminta kepada kloter 32 Untuk mengikuti tata tertib aturan yang berlaku pada Asrama Haji Embarkasi Makassar, diantaranya tentang Pemeriksaan Kesehatan serta pemeriksaan biometrik.

Perjalanan ini tidak mudah, waktu yang ditempuh total selama 42 hari, jadi harap menjaga kesehatan selama di sana, dan kembali dengan selamat ke tanah air. Ia juga berpesan kepada JCH khususnya kloter 32 untuk menjaga etika, karena selain beribadah mereka juga membawa nama baik Bangsa Indonesia serta Provinsi dan asal Kabupaten.

Di akhir sambutannya, Zakaria Bakrie meminta kepada Ketua Kloter untuk memaksimalkan pelayan pelayan sepenuhnya kepada JCH sejak berada di Asrama sampai tiba kembali ketanah air, dan kepada bapak ibu calon Haji, semoga dapat menjadi haji yang mabrur.

Kepala Bagian Kesra Kabupaten Luwu Timur, Asmawati mengatakan, sebanyak 160 JCH Luwu Timur yang berangkat tahun ini terdiri dari laki-laki sebanyak 58 orang, dan 102 orang perempuan.

“Setelah diterima, JCH akan di cek kesehatannya, diberi penyuluhan dan pembinaan. Setelah itu, besok paginya, para JCH akan dilepas Panitia Embarkasih Makassar menuju Bandara Hasanuddin untuk diterbangkan menuju madinah,” tutup Asmawati.

Editor: Awang Darmawan