VIDEO: Sri Mulyani Pastikan Bantuan Dana Rp 38 Miliar Akibat Gempa Lombok Cair

24

SULSELSATU.com, JAKARTA –Kementerian Keuangan memberikan dana kepada BNPB untuk membantu korban gempa yang terjadi di Bali hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat. BNPB awalnya meminta dana Rp 35 miliar kemudian Rp 700 miliar on call untuk membantu korban di Lombok.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, secara keseluruhan total dana yang diminta BNPB untuk korban gempa sekitar Rp 38 miliar. Ratusan juta lainnya untuk daerah lain yang juga terkena bencana gempa bumi.

“Kalau jumlah kemarin ada sekitar Rp 35 miliar di Lombok yang paling banyak. Kemudin ada beberapa ratusan juta untuk di daerah lainnya. Jadi secara total Rp 37 miliar sampai Rp 38 miliar yang dimintakan BNPB,” kata Sri Mulyani Indrawati di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/8).

“Ini masih awal sekali yang fokusnya tadi kepada support makanan, minuman dan lainnya yang disebut emergency, pengobatan,” lanjut dia.

Sri Mulyani menambahkan mekanisme untuk menangani bencana alam sudah sangat mapan. Masing-masing daerah memang harus dilihat mulai dari kapasitas pemerintah daerah hingga situasi rumahnya.

“Karena situasi yang di Jogja dan di sini akan berbeda karena bentuk kualitas rumahnya dan kepadatan penduduknya beda sekali. Itu yang membedakan dari jumlahnya,” ujarnya.

Yang terpenting, kata Sri Mulyani, saat ini pemerintah akan fokus membantu masyarakat supaya semangat untuk bangkit kembali. Lalu juga untuk segera mengevakuasi korban yang belum ditemukan.

“Sekaligus membuang puing-puing itu penting banget untuk membangun semangat mereka,” bebernya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan tak ada pembatasan jumlah anggaran untuk membantu korban gempa di Lombok.

“Kalau anggaran rehabilitasi dan sebagainya itu tidak dibatasi, on call berapapun kebutuhannya dikasih,” tegas Basuki.

Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi, mengatakan dana on call sebesar Rp 700 miliar yang sudah diberikan Kementerian Keuangan kepada BNPB sudah terserap untuk korban gempa.

“Itu kan yang kemarin kita punya, itu separuh sudah terserap, tetapi untuk Lombok dikasih baru lagi, yang 50 persen itu untuk semuanya ada kebakaran hutan dan lahan, banjir,” katanya.

Video Editor: Andi Hermanto
Editor : Agung Hidayat

Rekomendasi Berita

Baca Juga