Apindo Sulsel Diskusikan Tantangan Usaha dengan Pelindo dan BKPM

13
Diskusi tantangan usaha yang digelar Apindo Sulsel di Hotel Claro, Minggu (12/8/2018). (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menghadirkan PT Pelindo IV dan BKPM, dalam rangka menjawab tantangan usaha di Sulsel.

Pertemuan ini dikemas dalam bentuk diskusi santai sekaligus ngopi bareng yang digelar di Hotel Claro Makassar, Minggu (12/8/2018). Diskusi ini dipandu Sekretaris DPP Apindo Sulsel Yusran IB Hernald.

Ketua DPP Apindo Sulsel Drs. La Tunreng mengakui, masih tingginya biaya angkut lokal di bidang transportasi laut mengakibatkan harga barang sampai di tempat tujuan sangat mahal, khususnya ke wilayah Timur.

Tidak cuma itu, Latunreng menganggap, perizinan usaha baru saat ini masih sangat berbelit-belit dengan waktu yang lama.

Vice President of Commercial and Tarif PT. Pelindo IV, Abd Azis mengatakan, program direct call yang sudah diterapkan sejak 2015 berhasil menurunkan biaya dan waktu pengiriman ke luar negeri sehingga ekspor menjadi sangat membantu para pengusaha.

Hanya saja, kata Abd Aziz, container dan kapal yag balik terkadang tidak terisi barang dengan full. “Hal ini sebenarnya menjadi peluang bagi dunia usaha untuk memanfaat sekaligus mencari produk yang bisa diimpor ke Sulsel dengan biaya murah,” ucap Abd Aziz.

Dalam pertemuan tersebut, Abd Azis menyampaikan bahwa PT. Pelindo IV menempati peringkat I waktu drelling Time se-Indonesia.

Pertemuan yang dilaksanakan dalam suasana santai ini turut dihadiri ketua dewan pimpinan kabupaten/kota Apindo se-Sulsel banyak menyampaikan pertanyaan dan masukan kepada kedua stake holder tersebut.

Sementara itu, Perwakilan BKPMD Sulsel, Said Wahab menyampaikan, bahwa perzinan dengan sistem yang baru hanya hitungan menit untuk mendapatkan izi.

Hal ini diamini oleh beberapa pengurus Apindo Sulsel namun ada kendala dalam hal pelaksanaannya di daerah khususnya yang bersifat rekomendasi.

Kesiapan daerah dalam pelaksanaan OSS belum semuanya siap dan masih menemui kendala waktu dan biaya, sementara kedua hal tersebut sangat menentukan dalam memulai sebuah usaha.

Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka mendapatkan informasi dari kedua stakeholder untuk menjadi masukan Apindo Sulsel kepada Gubernur terpilih.

Editor: Hendra Wijaya

Apindo Sulsel Diskusikan Tantangan Usaha dengan Pelindo dan BKPM 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga