Sumarsono Tunjuk Anna Mariana Buat Bali Magis

0
  • 1
    Share
Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, GIANYAR – Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono menunjuk desainer tenun dan songket nusantara, Anna Mariana untuk menangani proyek kerja sama antara Pemprov Sulsel dan Bali yakni kolaborasi motif tenun dan songket yang diberi nama Bali Magis (Bali Makassar Bugis).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan pusat tenun ikat dan air brush Putri Ayu, Desa Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (11/08/2018).

“Sebetulnya Makassar sendiri sejak lama sudah sangat terkenal dengan sarung sutera dengan warna-warna terang,” kata Anna.

Sebelumnya, ketika Sumarsono masih menjabat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta, ia juga telah melakukan inovasi untuk tenun dan songket BaBe (Bali Betawi) yang diluncurkan 2016 lalu.

Untuk tenun dan songket Bali Magis sendiri, Anna akan mengembangkannya lewat pemakaian benang sutra murni atau benang semi sutra, juga penggunaan pewarnaan lebih kalem dengan warna-warna alam.

Menurut Anna, kolaborasi produk tradisonal tenun dan songket nusantara ini, bisa menjadi bagian dari strategi dalam mempromosikan daerah-daerah di Indonesia.

“Indonesia bukan hanya Bali, lewat kolaborasi tenun dan songket Bali Magis ini masyarakat di luar negeri akan otomatis mengenal Makasar dan Bugis juga. Harapan lain, obyek pariwisata daerah itu pun akan ikut dikenal dan kita perkenalkan!” ujar Anna.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono mengatakan, Indonesia memiliki ribuan budaya yang harus tetap dijaga sebagai kekuatan pertahanan negara. Salah satu bagian dari upaya pelestarian budaya ini adalah melalui tenun dan songket.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya