10 Bacaleg di Barru Tidak Lolos, Ini Masalahnya

95
  • 5
    Shares
Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru telah mulai mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) calon legislatif di Pileg 2019, Minggu (12/8/2018).

Di antara daftar DCS, ada 10 bacaleg partai yang dipastikan tidak bisa melangkah ke tahap selanjutnya karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS). 10 bacaleg tersebut di antaranya berasal dari partai PDIP PKS, dan PSI.

“Dari hasil verifikasi terkahir kami, ada 10 bacaleg yang kami tidak masukkan dalam DCS, 1 Bacaleg PDIP, dan 1 Bacaleg PKS dan 8 bacaleg dari partai PSI yang tidak memenuhi syarat,” kata Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar kepada Sulselsatu.com

Masdar mengatakan, salah satu Bacaleg tersebut masih terdaftar sebagai ASN dan saat pendaftaran hingga masa perbaikan tidak melampirkan surat pengunduran diri sebagai ASN, tidak melampirkan surat tanda terima dari instansi terkait dan surat keterangan masih dalam proses pengunduran diri yang berasal dari instansinya sendiri dan yang lainnya tidak sanggup melengkapi berkas persyarakat hingga waktu yang ditentukan sebelumnya.

“Dari 303 total Bacaleg maka yang dapat diumumkan dihadapan masyarakat sisa 293 Bacaleg yang lolos DCS, 10 sisanya inilah tidak melampirkan syarat Bacaleg sehingga secara otomatis dengan sendirinya gugur menjadi Bacaleg dan tidak tercantum dalam DCS yang diumumkan hari ini,” ungkapnya

Rencananya kata Masdar, pengumuman DCS ini akan berlangsung hingga 14 Agustus, selanjutnya memasuki tahapan tanggapan masyarakat terhadap DCS tersebut.

“Nah, terkhusus untuk bagian ini parpol bisa mengganti Bacalegnya ketika di belakang hari pada tanggapan masyarakat itu diketahui ada Bacaleg yang sebagai bekas bandar narkoba, pernah melakukan kasus pelecehan seksual pada anak, korupsi, pencalonan ganda, dan mengundurkan diri ketika mempengaruhi 30 persen keterwakilan perempuan dan terpidana. Hanya saja pergantian tidak boleh digantikan oleh calon yang pernah diajukan, harus calon baru,” jelasnya.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

10 Bacaleg di Barru Tidak Lolos, Ini Masalahnya 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga