Pemprov Target Tenun dan Songket Bali Magis Jadi Investasi Baru

4
  • 1
    Share
Toraja Utara, Tenun Lembang Andulan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel menargetkan kolaborasi tenun dan songket Bali Magis (Makassar Bugis) bisa menjadi potensi baru untuk meningkatkan nilai investasi di Sulsel.

“Kerja sama ini nantinya akan menarik para pengusaha Sulsel di sektor industri kain tenun dan songket untuk belajar dan mengembangkan usaha tenunnya,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel, Muhammad Yamin, Minggu (12/08/2018).

Dia mengatakan, sejauh ini ada target 30 pengusaha, nantinya akan dipilih mana yang paling bagus untuk dikembangkan. Meski belum bisa menyebutkan nilai investasi yang ditargetkan, namun Yamin optimis dengan adanya kerja sama ini bisa mendongkrak nilai investasi Sulsel.

“Sebagai langkah awal melalui kerjasama ini para pengusaha di sektor tersebut bisa meningkatkan nilai dan volume usahanya. Kita juga berharap ke depan, di Sulsel tak hanya satu wilayah saja yang dikenal sebagai pusat pertenunan,” katanya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono mengatakan, kerjasama ini memiliki nilai tata niaga untuk mendukung perekonomian, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di industri kain tenun dan songket.

“Dengan adanya kerja sama ini tentu akan meningkatkan ekonomi masyarakat, termasuk terserapnya tenaga kerja baik di Sulsel maupun Bali,” jelasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya