iklan Kareba Parlementa

Donald Trump Hentikan Bantuan Dana untuk Pengungsi Palestina

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan untuk menghentikan semua pendanaan kepada badan PBB yang bertugas mendukung pengungsi Palestina. Mereka juga menyerukan untuk mengurangi jumlah orang Palestina yang dianggap sebagai pengungsi.

Hal ini diungkapkan seorang pejabat pemerintahan dan diplomat senior kepada CNN. Adapun pengumuman resmi terkait Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina atau dikenal dengan UNRWA tersebut diperkirakan bakal dieksekusi dalam beberapa minggu ke depan.

Amerika Serikat telah lama menjadi donor terbesar untuk UNRWA, yang didirikan oleh Majelis Umum PBB pada 1949. AS menyumbangkan lebih dari US$ 350 juta kepada agen tersebut di tahun lalu, tetapi menahan rencana bantuannya di tahun ini.

Pejabat pemerintah mengatakan bahwa keputusan itu dibuat pada pertemuan antara Jared Kushner, menantu Presiden AS Donald Trump sekaligus penasihat senior Gedung Putih dan Sekretaris Negara Mike Pompeo. Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley juga ikut mendorong kebijakan tersebut.

Sementara Gedung Putih hingga kini belum memberikan komentar terkait keputusan ini.

UNRWA menawarkan layanan pendidikan, kesehatan dan sosial di Tepi Barat, Gaza, Yordania, Suriah dan Lebanon untuk pengungsi Palestina. Badan ini melayani pendidikan bagi sekitar 500 ribu anak di hampir 700 sekolah dan menyediakan fasilitas kesehatan bagi 9 juta pasien di hampir 150 klinik kesehatan setiap tahunnya.

Seorang pejabat pemerintah pada awal bulan ini melancarkan kritik pada lembaga tersebut, menyebut UNRWA justru memperburuk krisis pengungsi dan harus diubah sehingga rakyat Palestina dapat mandiri.

Pernyataan itu mengikuti laporan Kebijakan Luar Negeri pada awal Agustus yang mengungkapkan bocoran email di mana Kushner menemukan rekan-rekannya menyalanggunkan wewenangnya melalui lembaga tersebut.

Pada bulan Januari tahun ini, Amerika Serikat mengatakan akan menahan US$ 65 juta, dari kucuran awal U$ 125 juta yang diharapkan akan diserahkan kepada UNRWA pada awal tahun ini. AS mengatakan ingin UNRWA untuk mereformasi dan percaya negara-negara lain harus meningkatkan kontribusinya kepada badan tersebut.

Penghapusan status pengungsi Palestina akan membuat mereka kehilangannya rumahnya, yang saat ini adalah Israel. Ini menjadi langkah yang akan memiliki arti besar bagi 5,3 juta pengungsi Palestina yang terdaftar di UNRWA.

Selama Perang Arab-Israel 1948-1949, yang mengikuti pembentukan Negara Israel, sekitar 700 ribu orang Palestina diusir atau melarikan diri dari rumah mereka, sebuah periode yang oleh orang Palestina disebut “Nakba,” atau malapetaka.

Sebagian besar orang Palestina menganggap hak untuk kembali ke rumahnya merupakan hak asasi yang tak dapat dicabut. Status wilayah antara Palestina dan Israel hingga kini sulit untuk mencapai kesepakatan.

Ini akan menjadi kali kedua Trump menunjukkan keberpihakannya kepada Israel setelah sebelumnya mengakui Yerussalem sebagai ibu kota Israel,

Selama beberapa dekade, AS menghindar mendeklarasikan Yerussalem sebagai ibu kota Israel di tengah tak kunjung hadirnya perjanjian perdamaian Israel-Palestina. Namun, Trump membalikkan kebijakan itu pada Desember ketika dia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Anat Berko, seorang anggota parlemen Israel mendukung langkah AS pada UNRWA dan mengatakan dia berharap negara-negara lain akan mengikutinya.

“Berakhirnya UNRWA akan mengakhiri status ‘pengungsi selamanya’. Kami tidak dapat menyelesaikan konflik apa pun dengan definisi pengungsi ini,” terangnya.

Sementara dikutip dari Reuters, UNWRA menyatakan kekecewaannya terhadap penghentian bantuan AS dan membantah program mereka cacat.

“Kami menolak kritik bahwa sekolah-sekolah UNRWA, pusat kesehatan, dan program bantuan darurat cacat dan tak dapat diselamatlkan,” ujar Chris Gunness, juru bicara Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB dalam pernyataanya di akun Twitter.

Media Israel telah melaporkan kekhawatiran di beberapa kalangan bahwa pemotongan serius terhadap anggaran UNRWA dapat memperburuk ketegangan di tanah di wilayah Palestina dan berdampak pada penyediaan layanan publik dasar, memperkuat tangan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza.

Editor: Febriansyah

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Artikel Lainnya

Beri Dukungan, Petahana Sinjai Pertegas Sikap Dukung IYL-Cakka

SULSELSATU.com, MAKASSAR- Pasangan calon bupati dan wakil Bupati Sinjai Sabirin Yahya-Andi...

Ratusan Ribu Dukungan KTP IYL-Cakka di Luwu dan Gowa Tidak Memenuhi Syarat

SULSELSATU, MAKASSAR - Ketua tim pemenangan bakal calon gubernur Sulsel, Ichsan...

Resmi, AC Milan Dapatkan 2 Pemain Baru Secara Gratis

SULSELSATU.com, MILAN - AC Milan mengumumkan telah mendapatkan dua pemain sekaligus....

Terancam Gagal Total, Danny Ingin Tunjuk Langsung Rekanan Proyek Petepete Smart

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto bersikeras melanjutkan...

VIDEO: UMI Anugerahi Wapres JK Gelar Doktor

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menerima penganugerahan...

Terkini

Dua Korban Gempa Sulbar Dirawat di RS Andi Makkasau Parepare, Begini Kondisinya

SULSELSATU.com, PAREPARE - RSUD Andi Makkasau Parepare saat ini tengah menangani...

VIDEO:Salut, Aksi 3 Ukhti Ajak Bocah Penjual Krupuk Makan di Restoran

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan tiga wanita yang mengajak bocah penjual...

VIDEO: Detik-detik Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Marahi Pengemis

SULSELSATU.com - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi marah kepada seorang pengemis...

VIDEO: Singgah Jenguk Orang Tua, Ustadz Das’ad Latif Selamat dari Gempa Bumi

SULSELSATU.com - Ustadz Das'ad Latif menceritakan dirinya selamat dari gempa bumi...

Pemkot Parepare Siapkan Posko Peduli Gempa Sulbar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bergerak cepat aksi peduli...