Proyek Embung Parepare Ditarget Rampung Tahun Depan

24
  • 4
    Shares
Kondisi pembangunan Embung, ditarget rampung tahun 2019. (Sulselsatu/Andi Fardi)

SULSELSATU.com, PAREPARE – Proyek pembangunan instalasi penampungan air baku atau embung memasuki tahapan pengerjaan. Proyek ini ditarget rampung pada 2019 mendatang.

Kepala Balai Besar Sungai Wilayah Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ), Teuku Iskandar mengatakan, pengerjaan proyek embung Marilaleng ini dibagi dua tahap. Tahap awal dikerjakan selama 2018 dengan nilai proyek mendekati Rp20 miliar. Kemudian dilanjutkan hingga tuntas di tahun depan.

“Total nilai proyeknya mencapai Rp42 miliar. Sudah dilakukan penanda tanganan kontrak pada 8 Juni lalu. Saat ini sudah memasuki tahap pengerjaan di lokasi proyek. Realisasinya sudah 23 persen,” ungkapnya, Jumat (14/09/2018)

Iskandar melanjutkan pembangunan embung nanti ini diharap tak menemukan kendala. Embun ini rencananya akan dibangun di lahan seluas 4,8 hektare. Dan berfungsi sebagai sumber air baku, solusi banjir dan destinasi wisata.

“Embung ini nanti daya serapnya nanti 50 liter per detik. Dan bisa didistribusikan ke 50 ribu warga,” tuturnya.

Iskandar mengatakan, Parepare termasuk daerah yang kerap mengalami kesulitan air bersih utamanya saat memasuki musim kemarau, yang terjadi antara bulan Juni hingga September. Embung ini bisa menampung cadangan air agar bisa mengurangi kesulitan air warga saat kemarau.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Azis Kuba

Proyek Embung Parepare Ditarget Rampung Tahun Depan 1
Proyek Embung Parepare Ditarget Rampung Tahun Depan 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga