Tiga Pengurus KONI di Sulsel Tolak Tuan Rumah Bersama Porprov 2022

SULSELSATU.com, SINJAI – Lokasi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022 yang sebelumnya di Kabupaten Sinjai kini jadi polemik. Itu setelah surat keputusan gubernur yang juga menunjuk Bulukumba sebagai tuan rumah.

Keputusan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, yang menetapkan Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bulukumba sebagai tuan rumah bersama pada Porprov ke XVII Tahun 2022 tidak hanya ditolak oleh KONI Sinjai, namun juga secara tegas Ketua KONI Kabupaten Selayar, KONI Kota Palopo dan KONI Kabupaten Luwu menyatakan menolak.

Ketua KONI Selayar, Abd Wahab, dengan tegas menolak jika tuan rumah Porprov ke XVII diselenggarakan bersama. Pihaknya menginginkan tetap konsisten pada hasil musyawarah atau rapat anggota KONI beberapa waktu lalu.

Pada rapat anggota KONI Provinsi Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh pengurus KONI kabupaten/kota, hanya menetapkan Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah, sementara Bulukumba saat itu ditetapkan sebagai cadangan.

“Bukan tuan rumah bersama, tetapi Sinjai yang sah sebagai tuan rumah tunggal dan itu ditetapkan pada rapat anggota KONI. Apabila Porprov XVII 2022 mendatang dilaksanakan pada dua kabupaten, maka kontingen dan atlet akan kesulitan dan itu sudah dipikirkan secara matang. Makanya kita tidak setuju bila diadakan tuan rumah bersama. Harus Sinjai saja,” kata Wahab, Minggu (29/9/2018).

Dia mengaku, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan dengan beberapa pengurus KONI kabupaten/kota, membicarakan terkait persoalan tuan rumah bersama Porprov 2022 mendatang. Hasilnya, sepakat bila Kabupaten Sinjai yang tuan rumah tunggal.

“Saya rasa Pak Gubernur akan mempertimbangkan itu. Karena ini memang hasil musyawarah yang resmi, seharusnya harus konfirmasi dengan KONI Sinjai yang ditetapkan sebagai tuan rumah tunggal. Paling tidak kita saling sipakalebbi, sipakatau, karena sudah formal, dan resmi bahwa Sinjai ditetapkan sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rapat anggota KONI,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Palopo, Hairul Salim, dan Ketua KONI Luwu, Astamanga Azis, juga sepakat tidak akan ambil bagian pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) atau Porda XVII tahun 2022 mendatang, jika keputusannya seperti itu.

“KONI Palopo dan Luwu, kami sudah sepakat tidak akan ikut ambil bagian,” tegas Hairul yang diiyakan Astamanga.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya