Erdogan, Raja Salman hingga PM Australia Tawarkan Bantuan Penanganan Palu dan Donggala

Masjid Baiturrahman yang rusak akibat gempa dan tsunami, di Jalan Ponegoro, Palu, Sulawersi Tengah, Senin (1/10/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia akan membuka bantuan internasional untuk penanganan gempa dan tsunami yang mempork-porandakan Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Presiden Joko Widodo mengaku, sudah banyak negara sahabat menawarkan bantuan ke pemerintah Indonesia untuk penanganan gempa Palu dan Donggala.

Jokowi menjelaskan, negara sahabat sudah menawarkan keinginannya untuk membantu pemerintah Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan hingga saat ini, masih melakukan pendataan kebutuhan dari bantuan asing.

“Ini menunjukkan teman kita banyak, kawan-kawan kita dari negara lain banyak dan mereka menyampaikan apa yang dibutuhkan, mereka akan kirim kemarin (bantuan),” ujar Jokowi di Istana Jakarta seperti dikutip Suara, Selasa (2/10/2018).

Sejumlah kepala negara menurut dia, sudab ada yang meneleponnya langsung. Di antaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud.

“Misalnya Sri Baginda Raja Salman juga telepon saya langsung, Presiden Erdogan Turki juga telepon saya langsung, kemudian juga PM Australia juga WA saya langsung, kemudian siapa lagi? dan kepala
negara dan kepala pemerintahan lain lagi juga menghubungi saya langsung, artinya ingin membantu,” kata Jokowi.

“Saya perintahkan kepada Menko untuk diidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan segera ini apa baru kita sampaikan ke negara-negara lain untuk membantu,” pungkasnya.

Editor: Hendra Wijaya