iklan Kareba Parlementa

Kisah Abdullah, Korban Gempa Palu yang Menyaksikan Istri dan Anaknya Ditelan Bumi

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PALU – Abdullah Sidiq (30) hanya bisa berteriak menyaksikan istrinya, Fajriani (22) dan kedua anaknya, Fadillah (6) dan Naylah (3) ditelan bumi bersama rumahnya di Komplek Perumnas Balaroa, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Abdullah selamat bersama anak bungsunya, Hafika, 1 tahun yang saat gempa berada 50 meter dari rumahnya.

“Saat itu saya baru berjalan beberapa meter bersama anak bungsuku, Hafika ketika gempa terjadi,” katanya sambil menahan kesedihan, Rabu (3/10/2018) kepada tim Dompet Peduli Umat Makassar.

Abdullah tidak bisa menolong orang-orang yang dicintainya ketika tanah di Perumnas bergerak naik setinggi rumahnya.

Ketika bumi bergetar dahsyat, dia berlari menyelamatkan diri bersama anak bungsunya, Hafika. Nanti setelah gempa reda, dia kembali kerumahnya. Disaksikannya rumahnya telah lenyap.

Hanya atap rumahnya yang tersisa. Teriakannya memanggil nama isteri dan kedua anaknya, tidak mendapat jawaban. Tangisnya pun pecah bersama warga lain yang mengalami kejadian serupa.

“Tanah naik setinggi rumahku. Saya hanya bisa berteriak memanggil isteriku. Tapi tidak ada jawaban” katanya sambil terisak-isak.

Keesokan hari, dia mencari keberadaan isteri dan kedua anaknya ditempat pengungsian. Tapi tidak ditemukannya. Diapun yakin keluarga tercintanya berada didalam rumah yang telah amblas.

Dia kembali kerumahnya untuk menolong. Tapi tak mampu karena rumahnya sudah lenyap. Hanya bau bangkai menusuk hidung yang tercium.

“Saya yakin isteri dan anak-anakku sudah mati, pak. Saya mencium bau bangkai. Saya pasrah,” katanya.

Dia mengaku pasrah dengan kejadian yang menimpa keluarga tercintanya. Kini dia hidup di pengungsian bersama anak bungsunya, Hafika yang masih balita.

“Saya kini hidup bersama anak bungsuku. Saya masih berharap tim penolong bisa mengeluarkan mayat isteri dan anak-anakku,” katanya sambil menerima bantuan dari Yayasan Donasi Peduli Ummat (DPU).

Dari lokasi kejadian, tim DPU melihat sejumlah tanah naik tak beraturan. Jalan-jalan aspal yang dilalui kendaraan retak-retak dan bergelombang. Bahkan ada jalan yang naik setinggi 50 centimeter.

Jalan-jalan dipenuhi debu tanah merah. Pipa-pipa air bersih PDAM pecah menyemburkan air, sehingga jalanan tergenang. Terlihat dari kejauhan alat berat excavator membersihkan puing-puing rumah yang rubuh. Sejumlah relawan dan petugas penyelamat bekerja bahu membahu.

Bahkan disejumlah titik, tersebar pasukan TNI bersenjata lengkap. Setiap kendaraan yang akan masuk area diberhentikan untuk ditanyai tujuannya memasuki lokasi bencana.

“Kami harus memastikan tujuab warga dan kendaraan yang mendekat ke lokasi bencana. Kalau ingin menyalurkan bantuan agar dilakukan secara baik agar warga tidak berebutan,” kata salah seorang anggota TNI berpangkat Letnan Dua (Letda) sambil menenteng senjata laras panjang.(*)

Laporan Tim Relawan Dompet Peduli Umat (DPU) Makassar, Sulfaedar Pay dari Palu

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

VIDEO: Polisi Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Kabupaten Bantaeng yang ditemukan tewas bersimbah darah di...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

DPRD Sulsel Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana di Sulteng

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota dan Sekretariat DPRD Sulsel menyerahkan bantuan ke...

Artikel Lainnya

Bupati Wajo Terpilih Letakkan Batu Pertama Pembangunan MDAT As’adiyah Baru Orai

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo terpilih Amran Mahmud didampingi istri Sitti...

Kepala LPKA Parepare Pimpin Upacara HKN 2018, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, PAREPARE - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Parepare...

Kondisi PPI Paotere Disebut Buruk, Iqbal Segera Evaluasi Dinas Perikanan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengaku belum...

PAN Optimistis Tetap Jadi Pilihan Warga Muhammadiyah di Pileg 2019

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Makassar,...

Iqbal Suhaeb Ajak Legislator Berkolaborasi Majukan Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dalam memajukan Kota Makassar, diperlukan adanya kolaborasi dalam...

Terkini

INFOGRAFIK: Persentase Penduduk Miskin di Sulsel

Berikut persentase penduduk miskin di Sulsel per kabupaten dan kota: 1. Kota...

Ada Cashback dan Kamsia Saat Service di AHASS Asmo Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) kembali menghadirkan promo...

Antisipasi Penularan Virus Corona, RSUD Parepare Maksimalkan Pelayanan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Andi Makkasau Kota...

Apeksi Sikapi Omnibus Law RUU Cipta Kerja, Taufan Pawe Suarakan Kewenangan Pemda

SULSELSATU.com, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menggelar Rapat...

Anir Datang, Emak-Emak Curhat Sulitnya Air Bersih di Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Calon bupati Kabupaten Pangkep, Andi Nirawati bersilaturahmi dengan...