Aliyah Mustika Ajak Masyarakat Bontoala Ikut Program KB

19
  • 2
    Shares
Aliyah Mustika Ilham. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham mengunjungi warga Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Ahad (7/10/2018).

Kunjungan tersebut dalam rangka sosialisasi pembangunan kampung Keluarga Berencana (KB) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah mengajak masyarakat untuk menerapkan pola KB dalam keluarga.

“Mari kita menerapkan pola-pola keluarga berencana dalam kehidupan kita, karena keluarga berencana bukan seperti yang kebanyakan orang bilang bahwa melarang kita melahirkan anak lebih dari dua kali, melainkan bagaimana supaya bisa mengatur jarak antara anak,” ujarnya.

Aliyah Mustika Ajak Masyarakat Bontoala Ikut Program KB 1

Dalam program KB, lanjut politisi partai Demokrat ini, setiap ibu disarankan agar melahirkan minimal 5 tahun jarak antar anak pertama dengan anak kedua.

“Kalau jarak antara anak pertama dan anak ke dua hanya 1 atau 2 tahun, bagaimana ibu bisa membagi waktu mengurusi anak, karena anak butuh perhatian lebih dari orang tuanya, jadi kalau bisa setelah melahirkan kita Ikut KB dulu, fokus urusi anak kita dan setelah 5 tahun alat KB-nya dilepas lagi kalau ingin punya anak lagi,” kata Aliyah.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Faisal Fahmi mengatakan bahwa jarak melahirkan yang terlalu dekat juga berdampak pada kematian terhadap ibu dan anak.

“Dari 100 ribu ibu yang melahirkan, 3 ribu diantaranya meninggal dunia karena jarak melahirkan yang terlalu dekat,” kata Ical, sapaan akrab Faisal Fahmi.

Penulis: Asrul
Editor: Kink Kusuma Rein

Aliyah Mustika Ajak Masyarakat Bontoala Ikut Program KB 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga