Caleg Eks Koruptor Berkarya Diloloskan Bawaslu Sulsel

Muhlis Matu usai sidang adjudikasi di kantor Bawaslu Sulsel, Kamis (11/10/2018). (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulsel, menyelamatkan Caleg Partai Berkarya yang merupakan eks koruptor, Muhlis Matu setelah putusan sidang ajudikasi di kantor Bawaslu Sulsel, Jalan AP Pettarani, Kamis (11/10/2018).

Komisoner Bawaslu Sulsel, Asradi mengatakan, gugutan eks koruptor diterima karena pihaknya berpatotkan putusan Mahkama Agung (MA).

“Kita merujuk putusan Mahkamah Agung,” kata Asriadi, usai persidangan.

Dia menyebut, putusan MA tersebut merupakan pembatalan PKPU Nomor 20 Tahun 2016 dimana dalam aturan tersebut disebut telah dibatalakan.

“Ini proses PKPU Nomor 20 satu rangkaian, jadi diproses apapun dia mendaftar dia tetap diloloskan,” ujarnya.

Setalah persidangan, Muhlis Matu merasa bersyukur Bawaslu menerima gugatan dan akan kembali ikut menjadi peserta pemilu. “Alhamudillah kita bersyukur Bawaslu menerimanya,” katanya.

Muhlis menceritakan, awal mula tidak melakukan gugatan ke Bawaslu, karena patuh atas PKPU yang melarang eks koruptor ikut nyaleg. Namun ada putusan MA ini baru dia lakukan gugatan.

“Ada aturan kalau mantan narapidana dilarang nyaleg jadi tersendat di sini. Tapi ada putusan MA yang keluar, saya lakukan gugatan dan alhamdulillah itu diterima,” ujarnya.

Dengan demikikan, ia segera memasukan berkas ke KPU, tapi akan melakukan kordinasi lebih awal.

“Kalau berkas sudah siap semua. Tinggal diserahkan ke KPU. Tapi saya akan koordinasi lebih awal, apa-apa saja yang dibutuhkan,” tutupnya.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya